UEA, Negara Dengan 76 Rumah Ibadah Non-muslim 

Ahad , 07 Feb 2021, 20:42 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
UEA, Negara Dengan 76 Rumah Ibadah Non-muslim . Foto:   Rumah ibadah (Ilustrasi)
UEA, Negara Dengan 76 Rumah Ibadah Non-muslim . Foto: Rumah ibadah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI -- Uni Emirat Arab (UEA) yang didirikan dengan prinsip toleransi dan hidup berdampingan secara damai, memiliki 76 tempat ibadah bagi non-Muslim.

 

Terkait

Dilansir dari laman Khaleej Times pada Ahad (7/2), Menurut sebuah laporan di harian Al Ittihad, berikut ini daftar rumah ibadah non-muslim yang ada di UEA:

Baca Juga

- Gereja St. Joseph

Gereja pertama di kota Abu Dhabi, dibangun di atas Corniche. Telah berfungsi sebagai pusat terkemuka bagi pengikut komunitas Katolik di Abu Dhabi sejak 1965.

- Gereja St Andrews

Awalnya didirikan di Corniche di Abu Dhabi pada 1968. Kemudian itu dipindahkan ke daerah Mushrif pada 1984.

- Gereja Ortodoks Saint George

Almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan meletakkan batu fondasinya di daerah Khalidiya pada 1970. Lalu batu itu dipindahkan ke daerah Mushrif pada 1982.

- Gereja Ortodoks Koptik

Dibangun di daerah Mushrif pada 1984 untuk melayani komunitas Ortodoks Koptik di emirat.

- Gereja Evangelis

Evangelis merupakan salah satu kelompok agama tertua di UEA. Pemerintah Abu Dhabi menentukan sebidang tanah di daerah Mushrif untuk komunitas evangelis Kristen Protestan untuk membangun gereja pada 1994.

- Gereja Evangelis di Al Ain

Dibuka di Al Ain pada 1996. Itu mempertahankan kemah untuk doa dan kontemplasi selama bulan suci Ramadhan.

- Yakobit Ortodoks Siria - Gereja St. George

Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada 2004, memberikan sebidang tanah untuk komunitas Suriah di Al Ain. Secara resmi dibuka pada 2010.

- Gereja Mar Thoma - Abu Dhabi

Orang-orang Suriah yang tinggal di Abu Dhabi mulai mempraktikkan ritual keagamaan mereka sebagai tamu di Gereja St. Andrews sampai almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan memberi mereka sebidang tanah untuk membangun gereja. Mereka pindah ke gereja baru mereka di daerah Mussafah pada 2006.

- Gereja Jesus Christ of Latter-day Saints

Pada 2006, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, memberikan sebidang tanah di daerah Mussafah bagi anggota komunitas untuk membangun sebuah gereja. Ini adalah gereja pertama untuk sekte ini di Timur Tengah dan Teluk Arab.

- Gereja Mar Thoma Al Ain

Gereja Mar Thoma di Al Khurair, Al Ain, didasarkan pada sebidang tanah yang diberikan oleh Pemerintah UEA pada 2006.

- Gereja Virgin Mary Catholic

Gereja Virgin Mary Catholic dibuka pada 1970.

- Gereja Koptik - Al Ain

Gereja dibuka di daerah Mezyad pada 2010.

- Gereja Ortodoks Malankara Suriah, Al Ain

Gereja ini dibuka di Al Ain pada 1968 untuk melayani komunitas Ortodoks Suriah. Pada 2010, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, memberi mereka sebidang tanah untuk membangun gereja di Al Khurair, Al Ain.

- Greek Orthodox Cathedral of Prophet Elijah

Pendeta Ortodoks Yunani mulai mensponsori keluarga Ortodoks pada 1980-an. Gereja Evangelis di Abu Dhabi menyelenggarakan ritual dan kediaman pendeta.  Pada 2011, Presiden, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, memberikan mereka sebidang tanah di daerah Mussafah di Abu Dhabi. Katedral dibuka pada 2018 untuk melayani umat Kristen Ortodoks Yunani di emirat.

- Christian Association Church

Christian Association Church di Mussafah dibangun pada 2011, di atas sebidang tanah yang disediakan oleh Pemerintah Abu Dhabi untuk melayani komunitas Protestan.

- Gereja Armenia

Gereja Armenia dibuka 20 tahun lalu di Sharjah. Pada awal 1980-an, kepala Gereja Armenia, mengunjungi UEA, setelah itu sebidang tanah dialokasikan untuk komunitas Armenia di daerah Mussafah. Secara resmi dibuka pada 2014.

- Baps Hindu Mandir

Sebidang tanah dialokasikan untuk candi pada 2015. Candi ini diharapkan selesai pada 2023.

- Gereja St. Paul

Gereja St.Paul diresmikan di kawasan Mussafah, Abu Dhabi, pada 2015.

- Dubai

Dubai memiliki 11 gereja, tujuh di antaranya berada di Bur Dubai, dan empat di Jebel Ali. Gereja Katolik Saint Mary di Oud Metha adalah salah satu gereja tertua di Dubai, yang berusia lebih dari 51 tahun.

- Kompleks Yarmouk, Sharjah

Kompleks Yarmouk di daerah Yarmouk di Sharjah mencakup 15 gereja yang melayani lebih dari 170 kebangsaan yang berbeda.