Selasa 09 Feb 2021 06:16 WIB

Di Manakah Makam Nabi Yusuf Berada? Ini 3 Versi Lokasinya

Terdapat 3 versi lokasi makam Nabi Yusuf AS

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat 3 versi lokasi makam Nabi Yusuf AS. Makam Nabi Yusuf di Nablus menurut salah satu pendapat
Terdapat 3 versi lokasi makam Nabi Yusuf AS. Makam Nabi Yusuf di Nablus menurut salah satu pendapat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebenarnya di mana makam Nabi Yusuf AS? Ada tiga pendapat terkait makam Nabi Yusuf AS. 

Pendapat yang pertama, menurut studi sejarawan dan arkeolog, ada makam Nabi Yusuf AS di Palestina utara di kota Nablus. Lokasi ini dapat dicapai melalui pintu masuk timur ke arah kota.

Baca Juga

Makam Nabi Yusuf AS dianggap sebagai salah satu situs arkeologi dan religius terpenting di Nablus di mana banyak orang mengunjunginya dengan tujuan religius untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan memperoleh keridhaan-Nya. 

Area di mana makam Nabi Yusuf berada, mengikuti aturan dari otoritas Palestina yang artinya menuruti ketentuan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan pemugaran dan pelestarian makam. 

 

Bangunan tua itu berisi dua ruangan. Ruangan sebelah barat dan bagian selatan Arafah, yaitu ruangan yang berisi makam Nabi Yusuf. Ini bisa diketahui dengan mengamati kubah yang menutupi langit-langitnya. 

Pendapat kedua, menyebut bahwa makam Nabi Yusuf berada di Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, yang juga menjadi makam Nabi Ibrahim. Makam ini dibangun pada era Dinasti Abbasiyah oleh ibu satu anak dari para khalifah dinasti tersebut. 

Dia melihat dalam mimpinya bahwa makam Nabi Yusuf bukanlah di Nablus melainkan di Hebron. Lalu dilakukan pencarian dan penggalian makam di halaman makam para leluhur.

Di lokasi tersebut, peneliti menemukan papan kayu yang menurut mereka berasal dari sisa-sisa makam. Sehingga, di tempat itu dibangun tempat pemujaan dan menjadi simbol religi bagi orang-orang untuk beribadah. Makam Nabi Yusuf di Masjid Ibrahimi Kota Hebron ini ada di bawah otoritas Israel. 

Pendapat ketiga, mengungkapkan bahwa makam Nabi Yusuf ada di Mesir. Pada 1989, seorang peneliti arkeologi di Mesir menemukan mumi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, mumi itu diindikasikan milik Nabi Yusuf AS. Karena itu, ada pula yang meyakini Nabi Yusuf dimakamkan di Mesir, bukan di tempat lain. 

Sumber: mawdoo3

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement