Selasa 09 Feb 2021 07:44 WIB

19 Kabupaten/Kota di Jabar Diminta Genjot Vaksinasi Nakes

Cakupan vaksinasi Covid-19 di kabupaten/kota itu disebut masih di bawah 60 persen. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap para tenaga kesehatan (nakes). Sejauh ini, dilaporkan sudah ada sekitar 115.876 nakes (60,4 persen) yang disuntik vaksin dosis pertama dan 15.973 orang (8,3 persen) sudah dosis kedua.

Menurut Gubernur, cakupan vaksinasi Covid-19 terhadap nakes di delapan kabupaten/kota sudah melebihi 60 persen. Di Kota Bandung bahkan disebut sudah mencapai sekitar 97,9 persen. Kota Bandung sejauh ini merupakan daerah dengan cakupan tertinggi vaksinasi.

Disusul kemudian oleh Kota Cimahi dengan cakupan 84 persen, Kota Depok (73,1 persen), Kabupaten Bandung (67,4 persen), Kabupaten Indramayu (65,4 persen), Kota Bekasi (63,7 persen), Kota Bogor (61,8 persen), dan Kabupaten Ciamis (61,8 persen).

Sementara cakupan vaksinasi di 19 kabupaten/kota lainnya disebut masih di bawah 60 persen. Karena itu, Gubernur meminta sejumlah daerah tersebut menggenjot vaksinasi selama beberapa hari ke depan.

“Kami harapkan dalam tujuh hari ke depan daerah-daerah yang di bawah persentase (60 persen) untuk meningkatkan proses vaksinasi lebih cepat,” kata gubernur yang akrab disapa Emil itu, Senin (8/2).

Baca juga : Penjelasan Polri Terkait Meninggalnya Ustaz Maaher

Total nakes yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayah Jabar disebut mencapai 191.746 orang. Emil berharap target sasaran itu bisa dikejar dalam waktu sepekan ke depan. Terlebih, kata dia, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, pada pekan ketiga Februari ini akan dimulai vaksinasi terhadap profesi non-nakes dan masyarakat umum, di antaranya pedagang pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement