Selasa 09 Feb 2021 18:00 WIB

Wisatawan Milenial Mampu Bangkitkan Wisata Halal

Wisatawan Milenial Mampu Bangkitkan Wisata Halal usai pandemi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Wisatawan Milenial Mampu Bangkitkan Wisata Halal . Foto: Wisata halal (ilustrasi)
Foto: BNI Syariah
Wisatawan Milenial Mampu Bangkitkan Wisata Halal . Foto: Wisata halal (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LONDON—Soumaya Hamdi, direktur pelaksana dan pendiri Panduan Perjalanan Halal mengatakan, wisatawan Muslim dapat mendorong pengembangan industri wisata pasca pandemi. Wirausahawan yang berbasis di Inggris ini menawarkan perjalanan yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan pelancong.

“Wisatawan Muslim milenial semakin ingin dapat mengakses pengalaman yang lebih imersif dan keluar dari jalur yang sudah biasa,” kata Hamdi yang dikutip di Arab News, Selasa (9/2).

Baca Juga

Perusahaan Hamdi memulai dengan hanya menawarkan informasi untuk pelancong Muslim, tetapi dengan cepat bergerak menjalankan turnya sendiri yang menggabungkan kunjungan yang dijalankan secara lokal ke situs warisan Islam otentik dengan aktivitas petualangan dan pengalaman unik.

“Kami melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi para pelancong dan komunitas lokal yang mereka kunjungi. Bagi banyak pelancong ini, jenis perjalanan ini bisa menjadi transformatif,” katanya.

“Anda belajar banyak tentang diri Anda dengan belajar tentang bagaimana orang lain hidup. Inilah yang diinginkan oleh para milenial, Gen-Z, dan mereka yang datang setelahnya,” ujarnya menambahkan.

Dia mengatakan, sebelum pandemi, wisata halal adalah pasar dengan pertumbuhan tercepat dalam ekonomi perjalanan global, dengan perkiraan nilai hampir $ 200 miliar (Rp. 2,7 triliun). Ini memiliki potensi ekonomi yang besar, karena umat Islam cenderung memiliki pendekatan berbasis nilai terhadap produk dan layanan yang mereka gunakan, industri perjalanan halal memberikan peluang untuk memungkinkan pengembangan industri pariwisata yang bertanggung jawab setelah pandemi, katanya.

“Ini bukan hanya tentang memberikan keuntungan kepada perusahaan atau tujuan. Ini tentang melakukannya dengan cara yang memastikan baik wisatawan maupun komunitas lokal mendapatkan keuntungan darinya. Ini bertujuan untuk membuat hidup lebih baik secara keseluruhan,” jelasnya.

Meskipun tidak jelas kapan tepatnya ekonomi akan dibuka kembali dan orang-orang akan melanjutkan perjalanan secara massal, Hamdi mengatakan dia mengharapkan agar pasar perjalanan halal menjadi salah satu yang paling awal bangkit kembali setelah kebijakan pembatasan dilonggarkan.

“Karena populasi Muslim global masih sangat muda, sebagian besar populasinya berusia di bawah 30 tahun, pasar pariwisata mungkin akan menjadi salah satu yang pertama menunjukkan tanda-tanda pemulihan pasca pandemi,” kata dia.

“Mereka mengharapkan lebih banyak, dan mereka menginginkan pengalaman berkualitas lebih baik yang sebelumnya tidak dapat mereka akses,” sambung Hamdi.

Menurutnya, Arab Saudi "sangat menjanjikan" sebagai tujuan bagi kelompok muda dan berpikiran petualangan ini. “Kerajaan secara tradisional berfokus pada wisata religi, tetapi ada potensi besar untuk memanfaatkan para pelancong yang datang ke negara itu untuk Haji dan Umrah, dengan mendorong mereka untuk tinggal beberapa hari ekstra dan pergi ke pantai Laut Merah, misalnya, ”tambahnya.

Hamdi menunjuk potensi berbagai proyek Saudi yang sedang dikembangkan yang terlihat “sangat menjanjikan” dalam hal kapasitasnya untuk menarik wisatawan muda ini. Qiddiya, misalnya, akan dibuka pada tahun 2023 dan ditargetkan akan menjadi pusat hiburan global yang menekankan keterlibatan pengunjung dalam pengalaman baru, sementara keindahan alam Kerajaan akan menarik wisatawan yang memprioritaskan aktivitas fisik dan menghargai alam.

“Melihat bintang dengan penduduk setempat di dekat AlUla, misalnya, terdengar sangat menarik! Ini pasti akan menjadi waktu yang menyenangkan untuk pariwisata di Arab Saudi selama 10 tahun ke depan,” sambung Hamdi.

sumber : Arab News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement