PWI Riau Angkat Potensi Wisata Pulau Rupat Saat HPN

Selasa , 09 Feb 2021, 23:25 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
PWI Riau Angkat Potensi Wisata Pulau Rupat Saat HPN. Keindahan alam Pulau Rupat, Riau
PWI Riau Angkat Potensi Wisata Pulau Rupat Saat HPN. Keindahan alam Pulau Rupat, Riau

IHRAM.CO.ID,BENGKALIS -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menargetkan 1.000 pemberitaan untuk mengangkat potensi wisata yang ada di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, dalam rangkaian kegiatan acara Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

"Kita targetkan 1.000 berita, dan selama tiga hari ini dalam rangkaian kegiatan HPN telah ada 621 berita yang dihasilkan wartawan dalam mengangkat kearifan lokal yang ada di Pulau Rupat ini," ujar Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang pada acara peringatan HPN daN HUT PWI Riau ke-75 di Pulau Rupat, Selasa (9/1),

Dikatakannya, dipilihnya Pulau Rupat sebagai pusat kegiatan HPN 2021 adalah dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan kearifan lokal yang ada di pulau yang berada di wilayah Kabupaten Bengkalis ini.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, potensi wisata yang ada di Pulau Rupat bisa lebih dikenal di Indonesia dan dunia," kata Zulmansyah.

Selain itu, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan selama tiga hari di antaranya penyuluhan dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), bantuan buku kepada sejumlah sekolah, dan penanaman bibit pohon cemara pantai.

"Alhamdulillah bantuan bibit cemara ini Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok) yang sengaja didatangkan dari Jawa Timur," ungkapnya.

Kegiatan lainnya adalah bersih-bersih di Pantai Beting Aceh bersama masyarakat dan pertunjukan zapin api yang merupakan salah satu budaya dan kesenian di Pulau Rupat. "Minimal dengan kegiatan bersih-bersih di Pantai Beting Aceh dapat bermanfaat dan juga wartawan yang ikut dapat mempromosikannya melalui tulisan nantinya," kata Zulmansyah.

Pada puncak peringatan Ketua PWI melakukan pemotongan tumpeng dan Plt Sekda Provinsi Riau Masrul Kasmi mendapat kehormatan disuapi tumpeng oleh Zulmansyah didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya, Pj Bupati Bengkalis dan Forkopimda setempat.