Usai Sengketa Masjid Babri, Kini Masjid Shahi akan Digusur

Rabu , 10 Feb 2021, 05:21 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Usai Sengketa Masjid Babri, Kini Masjid Shahi akan Digusur. Masjid Shahi Jama, yang ada di Meerut, kawasan kota tua India. (ilustrasi)
Usai Sengketa Masjid Babri, Kini Masjid Shahi akan Digusur. Masjid Shahi Jama, yang ada di Meerut, kawasan kota tua India. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,NEW DELHI -- Sebuah permohonan diajukan ke Pengadilan Mathura pada 9 Februari 2021 melalui pengacara Mahendra Pratap Singh. Permohonan tersebut berisikan permintaan untuk memindahkan masjid Shahi Idgah Mathura dari dekat kuil Katra Keshav Dev.

 

Terkait

Dilansir dari BBC, pihak pemohon mendesak pengadilan menunjuk komisi untuk mengunjungi situs yang disengketakan untuk mengumpulkan fakta terkait kasus tersebut. 

Menurut pengacara, sebelumnya pihaknya juga telah mengajukan gugatan pada Desember tahun lalu atas nama lima orang, yang mengupayakan pemindahan masjid abad ke-17 dari dekat tempat kelahiran Dewa Krishna di kompleks kuil Katra Keshav Dev. Mereka mengklaim memiliki beberapa fakta dan kenang-kenangan penting dari kuil yang ada di masjid. 

"Maka dengan rendah hati dimohon untuk mengirimkan komisi ke Masjid Shahi Idgahâ," ujarnya dalam permohonan dilansir dari BBC pada Rabu (10/2).

Singh mengaku yakin dengan adanya fakta penting dan kenang-kenangan tentang kuil di masjid. Sehingga permintaan juga telah diajukan ke pengadilan untuk mengizinkan dia juga mendampingi komisi.

Singh mengatakan dia harus diberi izin karena dia telah mengajukan gugatan. Melalui permohonan tersebut, Singh juga meminta pengadilan untuk memberikan perlindungan yang memadai kepada komisi dan penggugat yang mendampingi. 

Singh telah mengajukan gugatan pada 23 Desember 2020 untuk pemindahan masjid yang dibangun di bagian dari 13,37 acre tanah kuil Katra Keshav Dev. Dari empat gugatan yang diajukan sejauh ini terkait masalah tersebut, hanya gugatan Singh yang telah diterima oleh pengadilan.

 

Sumber: https://www.bbc.com/news/uk-england-cambridgeshire-55996331

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

 

 

BERITA TERKAIT