Jumat 12 Feb 2021 15:05 WIB

Sarah Al Amiri, Perempuan yang Mengantar Dunia Arab ke Mars

80 persen tim anggota misi Uni Emirat Arab ke Mars adalah perempuan.

 Menteri Negara UEA untuk Teknologi Maju Sarah al-Amiri
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Menteri Negara UEA untuk Teknologi Maju Sarah al-Amiri

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bangsa Arab telah berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu negara yang berhasil mengorbitkan pesawat tanpa awak di orbit Mars. Pesawat Uni Emirat Arab (UEA) Hope berhasil memasuki  orbit di sekitar Mars pada Selasa (9/2).

Ada sosok perempuan di balik misi  antariksa yang sudah dirancang sejak 2014 ini. Adalah Sarah binti Yousif Al Amiri, yang memimpin misi sains sebagai wakil manajer proyek. Dilansir dari The Print, dia adalah seorang insinyur komputer dan juga Menteri Negara untuk Ilmu Pengetahuan Maju pertama di UEA.

Baca Juga

"Tim sains misi ini terdiri  dari 80 persen perempuan. Mereka berada di sana berdasarkan prestasi dan berdasarkan apa yang mereka kontribusikan terhadap desain dan pengembangan misi," kata Al Amiri, kepada Deutsche Welle.

Al Amiri, kelahiran Iran, adalah salah satu menteri termuda di dunia. Dia juga sosok termuda yang memimpin badan antariksa.

Al Amiri (33 tahun), juga menjabat sebagai ketua badan antariksa UEA Mohammed Bin Rashid Space Center (MBRSC), yang mengembangkan pengorbit Hope (atau Al Amal). Hope atau Al Amal dibuat dari kerja sama dengan Universitas Colorado Boulder, Universitas California-Berkeley, dan Arizona State University.

Al Amiri mengawali karier sebagai insinyur dirgantara di UEA. Setelah lulus dengan gelar BSc di bidang Teknik Komputer pada tahun 2008 dari American University di Sharjah, dia bekerja sebagai insinyur program di Emirates Institution for Advanced Science and Technology (EIAST) selama dua tahun.

Di EIAST, dia bekerja pada DubaiSat-1 dan DubaiSat-2, dua satelit pertama negara itu. Dia juga merupakan bagian dari tim yang mengembangkan KhalifaSat atau DubaiSat-3, dan bekerja sebagai direktur divisi Advanced Aeronautical Systems.

Al Amiri memperoleh gelar M.Sc. di bidang teknik komputer pada tahun 2014. Dia memperoleh gelar masih dari American University di Sharjah. Dia sekaligus juga bekerja sebagai Kepala Ilmu Antariksa di  MBRSC. Dia mendirikan unit penelitian dan pengembangan dan menjadi sebagai direktur di sana.

Pada tahun 2014, Al Amiri menjadi manajer program untuk sistem udara canggih di pusat luar angkasa negara. Dia bertanggung jawab untuk mengumpulkan tim teknik untuk badan antariksa. Dia kemudian diangkat sebagai kepala Dewan Sains Emirates pada tahun 2016. Pada 19 Oktober 2017, Al Amiri menjadi Menteri Negara Ilmu Pengetahuan Maju pertama di negara itu,. Pada Agustus 2020, ia menjadi Ketua Badan Antariksa UEA.

Misi UEA ke Mars bertujuan memberikan gambaran lengkap tentang atmosfer Mars untuk pertama kalinya. Misi pertama ke Mars yang diluncurkan oleh Uni Emirat Arab (UEA) memasuki orbit planet itu pada hari Selasa (9/2), setelah menempuh perjalanan selama tujuh bulan, sejauh 494 juta kilometer.

Misi ini menjadikan UEA sebagai badan antariksa kelima di dunia, yang berhasil mencapai planet merah dan menandai misi antarplanet pertama yang dipimpin oleh sebuah negara dari dunia Arab.

Misi UAE ke Mars yang menelan biaya sekitar 200 juta dollar AS atau sekitar 2.9 triliun rupiah, meluncurkan Hope Probe dari pusat luar angkasa Jepang Juli 2020 lalu. Ilmuwan itu mengatakan UEA sekarang dapat mulai mengirim data tentang atmosfer dan iklim di Mars, mempelajari perubahannya dalam data harian dan musiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement