Ahad 14 Feb 2021 11:25 WIB

Seniman Hindu Buat Kaligrafi di Seluruh Masjid Hyderabad

Kaligrafi di masjid Hyderabad dibuat seniman Hindu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Seniman Hindu Buat Kaligrafi di Seluruh Masjid Hyderabad. Foto ilustrasi;    (Ilustrasi) kaligrafi nama Hasan al-Bashri
Foto: tangkapan layar wikipedia
Seniman Hindu Buat Kaligrafi di Seluruh Masjid Hyderabad. Foto ilustrasi; (Ilustrasi) kaligrafi nama Hasan al-Bashri

REPUBLIKA.CO.ID,HYDERABAD --- Seorang seniman Hindu di kota Hyderabad, India begitu sangat mencintai seni kaligrafi Al Quran. Dari hobinya membuat kaligrafi ayat-ayat Al Quran, ia pun menjadi andalan Muslim di kota itu untuk menghias masjid-masjid di sana dengan kaligrafi ayat-ayat Al Quran karyanya. 

Ia adalah Anil Kumar Chawhan. Sudah lebih dari dua dekade, Chawhan telah melukis dinding-dinding masjid yang ada di seluruh kota Hyderabad dengan kaligrafi ayat suci Al Quran. Chawhan mulai menggeluti dunia seni kaligrafi ketika dirinya mencoba menulis sebuah papan nama toko dengan menggunakan bahasa Urdu. Kala itu ia belum bisa menulis kaligrafi ayat Al Quran. Itu dilakukan Chawhan sudah sekitar 30 tahunan.

Baca Juga

"Selama 30 tahun terakhir saya telah menulis papan nama Urdu di banyak toko di kota tua Hyderabad. Awalnya saya tak mengerti bahasa Urdu dan tak bisa berbicara dalam bahasa Urdu. Saya biasanya meminta pelanggan untuk menulisnya agar saya bisa melukiskan yang sama pada papan nama. Saat itulah saya memutuskan untuk belajar bahasa Urdu dan bertahap mengerti bagaimana bicara dan menulisnya," kata Chawhan seperti dilansir Business World pada Ahad (14/2).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement