Senin 15 Feb 2021 09:15 WIB

Jokowi Lantik Gubernur Sulut dan Kaltara Terpilih

Keduanya merupakan dua pimpinan provinsi hasil pilkada pada 2020.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Provinsi Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara. Keduanya merupakan dua pimpinan provinsi hasil pilkada pada 2020. 

"Benar (Sulut dan Kaltara) dilantik," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Senin (15/2) pagi. 

Baca Juga

Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Sulawesi Utara adalah Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Pasangan petahana ini memenangkan pilkada Sulawesi Utara pada 2020 lalu dengan perolehan suara 821.503.

Sedangkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Kalimantan Utara adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Keduanya menang pilkada dengan meraup 45.778 suara. 

Kedua provinsi, yakni Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, dua kepala daerah terpilih dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi. 

Total ada sembilan provinsi yang menggelar pilgub pada 2020 lalu. Selain Sulut dan Kaltara, provinsi lain yang menggelar pemilihan gubernur dan wagub adalah Sumatra Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement