18 Rajab 1442

Baju IM Monsta X Bertuliskan Arab, Fans Bereaksi

Senin , 15 Feb 2021, 12:34 WIB Reporter :Umi Nur Fadhilah/ Redaktur : Esthi Maharani
IM dari Monsta X
IM dari Monsta X

IHRAM.CO.ID, SEOUL — Rapper Changkyun yang lebih dikenal sebagai IM dari Monsta X menggoda penggemar dengan set foto konsep pertama untuk mini album solonya Duality pada 14 Februari pukul 20.00 waktu Korea. Setelah perilisan foto itu, sejumlah penggemar Muslim melihat bahwa IM mengenakan kemeja bertuliskan, “Bismillah hirrahman nirrahim” dalam bahasa Arab.

Tulisan itu adalah ungkapan suci bagi umat Islam yang diterjemahkan, “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.” Kalimat itu dibaca Muslim setiap hari dalam berbagai kesempatan, khususnya sebelum membaca Alquran dan berdoa.

Dilansir All Kpop pada Senin (15/2), sejumlah penggemar bereaksi terhadap foto IM itu. “Kalau tidak salah kaosnya bertuliskan Bismillah hirrahman nirrahim dalam bahasa Arab. Ini sangat besar, kaum Muslim bagaimana perasaannya,” tulis penggemar di Twitter.

“Jangan karena bukan Muslim kemudian bisa memakai pakaian dengan cetakan Allah SWT, di mana grup Kpop ini mendapatkan barang-barang ini,” tulis penggemar lain.

“Ini adalah come back solo pertamanya dan ini yang terjadi. Tolong @STARSHIPent mengambil tindakan yang sesuai dan segera hapus foto ketiga karena menurut saya, ini sangat tidak sopan,” tulis seorang penggemar.

Sumber pakaian belum ditemukan. Penggemar berspekulasi bahwa kemungkinan besar baju itu adalah buatan tangan, terutama untuk foto konsep. Foto itu bisa menimbulkan kekhawatiran tentang ketidakpekaan budaya dan agama yang ditunjukkan oleh idola Kpop dari waktu ke waktu.

Namun, masih ada sebagian besar penggemar yang menyalahkan agensi dan stylist mereka, bukan pada idola itu sendiri. Tentang apakah tanggung jawab itu ada di idola atau perusahaan, tetapi semua penggemar setuju bahwa masih ada banyak pengetahuan yang harus diterima para idola tentang topik ras dan agama. Tujuannya untuk menghindari insiden tidak menguntungkan yang menyinggung banyak orang, terutama karena ini bukan insiden pertama di mana Islam digunakan oleh idola Kpop untuk tujuan estetika dan artistik.

 

widget->kurs();?>