Senin 15 Feb 2021 13:57 WIB

Ciri Orang yang Dicintai dan Dibenci Rasulullah

Orang yang paling dicintai Nabi Muhammad Saw adalah yang paling baik akhlaknya

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad Saw adalah manusia yang paling baik akhlaknya. Umat manusia khususnya Muslim sudah selayaknya menjadikan Rasulullah Saw sebagai teladan.

Dalam sabda Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, disampaikan bahwa orang yang paling dicintai Nabi Muhammad Saw adalah yang paling baik akhlaknya. Sementara orang yang dibenci adalah mereka yang paling banyak bicara tapi tidak bermanfaat dan mengolok-olok orang lain.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ خِرَاشٍ الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا مُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنِي عَبْدُ رَبِّهِ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَيَّ وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الثَّرْثَارُونَ وَالْمُتَشَدِّقُونَ وَالْمُتَفَيْهِقُونَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَدْ عَلِمْنَا الثَّرْثَارُونَ وَالْمُتَشَدِّقُونَ فَمَا الْمُتَفَيْهِقُونَ قَالَ الْمُتَكَبِّرُونَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَرَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ الْمُبَارَكِ بْنِ فَضَالَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ وَهَذَا أَصَحُّ وَالثَّرْثَارُ هُوَ الْكَثِيرُ الْكَلَامِ وَالْمُتَشَدِّقُ الَّذِي يَتَطَاوَلُ عَلَى النَّاسِ فِي الْكَلَامِ وَيَبْذُو عَلَيْهِمْ

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari kiamat ialah orang yang akhlaknya paling bagus. Dan sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak bicara (bicara yang tidak bermanfaat dan memperolok manusia)."

Para shahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling banyak bicara itu?" Rasulullah SAW menjawab, "Yaitu orang-orang yang sombong." (HR At-Tirmidzi).

Dalam konteks sekarang di era digital, hadist ini mengajarkan agar manusia berhati-hati berbicara secara lisan maupun melalui tulisan di media sosial. Jangan sampai yang dibicarakan secara lisan atau tulisan tidak bermanfaat, memperolok manusia lain dan berasal dari perasaan sombong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement