Selasa 16 Feb 2021 14:53 WIB

TNI-Polri Diingatkan Sosialisasikan Vaksinasi Secara Humanis

Pelibatan TNI-Polri bukan semata-mata untuk menakuti masyarakat supaya mau divaksin.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Foto: MPR
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid setuju dengan keinginan pemerintah mengikutsertakan unsur TNI-Polri dalam menggencarkan program vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat. Namun, Jazilul berpesan, agar TNI-Polri mengutamakan sisi humanis untuk menggiatkan vaksinasi.

Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu menekankan agar pelibatan TNI-Polri bukan semata-mata untuk "menakuti' masyarakat supaya mau divaksin Covid-19. TNI-Polri disarankan menggunakan soft approach pada masyarakat supaya tak menimbulkan resistensi terhadap vaksinasi.

"TNI-Polri dapat saja dilibatkan untuk membangun kesadaran dan kedisiplinan masyarakat namun tetap menggunakan pendekatan yang humanis," kata Gus Jazil pada Republika, Selasa (16/2).

Anggota komisi III DPR RI itu menyinggung soal tupoksi TNI-Polri tak hanya mengurusi penanganan Covid-19, termasuk vaksinasinya. Gus Jazil merasa, tugas TNI-Polri yang lainnya masih menumpuk seperti menjaga kedaulatan negara.

"Tugas pokok TNI Polri bukan mengawal vaksin, tapi menjaga pertahanan dan keamanan negara," ujar Gus Jazil.

Baca juga : Bio Farma Peroleh Izin Edar Vaksin dari Badan POM

Gus Jazil mengimbau, publik tak menaruh curiga lebih dulu terkait pelibatan TNI-Polri dalam program vaksinasi. Kehadiran mereka justru penting mengawal vaksin sampai ke masyarakat dengan aman.

"Kita awasi bersama, tidak perlu curiga dulu," ucap Wakil Ketua Umum PKB tersebut.

Sebelumnya, TNI-Polri menggelar pimpinan (Rapim) 2021 untuk mesolidkan barisan untuk mengawal kebijakan pemerintah mulai dari mengawal vaksinasi hingga membantu pemulihan ekonomi. Rapim tersebut digelar di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (15/2).

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). TNI-Polri diminta berikan dukungan dalam pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan termasuk juga mendukung program tasting, tracing, treatment atau 3T. Pelaksanaan PPKM skala mikro hingga mendukung pelaksanaan vaksinasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement