Selasa 16 Feb 2021 20:20 WIB

Aceh Singkil Dorong Masyarakat Pulau Banyak Membuat Homestay

Kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak semakin meningkat.

Aceh Singkil Dorong Masyarakat Pulau Banyak Membuat Homestay (ilustrasi).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Aceh Singkil Dorong Masyarakat Pulau Banyak Membuat Homestay (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDA ACEH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga terus mendorong masyarakat Pulau Banyak menjadikan rumah mereka yang memiliki kelebihan kamar sebagai homestay untuk wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Singkil Surkani mengatakan kehadiran homestay tersebut dibutuhkan karena kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak semakin meningkat.

"Kehadiran homestay tersebut mendukung pengembangan pariwisata Pulau Banyak. Karena itu, kami terus mendorong masyarakat Pulau Banyak yang memiliki kelebihan kamar menjadikan rumah mereka sebagai homestay," kata Surkani yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (16/2).

Surkani mengatakan saat ini sudah ada 18 homestay di Pulau Banyak. Masyarakat kepulauan di Samudra Hindia tersebut sudah menyadari Pulau Banyak sekarang ini menjadi tujuan wisata, yang dikunjungi tidak hanya dari dalam negeri, terapi juga mancanegara.

"Kehadiran homestay tersebut menjadi nilai tambah bagi masyarakat Pulau Banyak. Dulunya mereka mengandalkan perekonomian sebagai nelayan, kini ada tambahan pendapatan dari homestay," kata Surkani.

Kepada pemilik penginapan tersebut, Surkani mengimbau tetap memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan. Selalu jaga kebersihan homestay, termasuk membangun sanitasi yang baik, sehingga wisatawan betah di Pulau Banyak.

"Kami membangun pariwisata di Pulau Banyak berbasis masyarakat. Jadi, semua destinasi wisata di Pulau Banyak dikelola masyarakat setempat, sehingga dampak ekonomi dari pariwisata tersebut ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Surkani.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil Edi Hartono mengatakan Pulau Banyak dikenal dengan wisata bahari. Pulau Banyak memiliki gugusan pulau-pulau yang jumlahnya mencapai puluhan.

"Pulau Banyak juga sudah dikenal turis mancanegara. Dan destinasi Pulau Banyak tersebut terus kami kembang sebagai daerah tujuan pariwisata. Apalagi nanti didukung transportasi memadai berupa kapal penyeberangan milik Pemerintah Aceh," kata Edi Hartono.

Pulau Banyak berada di Samudera Hindia dengan 63 pulau besar dan kecil. Pulau Banyak berjarak 26 mil dari Singkil, ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, dengan jarak tempuh dua hingga empat jam perjalanan laut.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement