Rabu 17 Feb 2021 05:27 WIB

Wagub DKI: 10 Ribu Pedagang dari 153 Pasar Divaksin Covid

Vaksinasi untuk pedagang akan digelar hari ini di Pasar Tanah Abang.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Flori Sidebang
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, yakni untuk para pedagang akan mulai dilakukan pada Rabu (17/2). Riza mengatakan ada 10 ribu pedagang dari 153 pasar yang akan menerima vaksin Covid-19.

"Insya Allah, Rabu akan dimulai (vaksinasi Covid-19) buat pedagang, pedagang seperti di Tanah Abang," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/2) malam. 

Baca Juga

Riza mengungkapkan berdasarkan hasil pendataan hingga saat ini, ada sekitar 10 ribu pedangang yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 tahap kedua. Dia menuturkan, ribuan pedagang itu tersebar di seluruh pasar yang ada di Ibu Kota. 

"Dirut Pasar Jaya sudah disiapkan data setidaknya 10 ribu pedagang pasar dari 153 pasar yang ada di DKI Jakarta, lain-lain," ujarnya. 

Meski demikian, Riza tidak menjelaskan secara rinci mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi di Pasar Tanah Abang. Dia hanya menuturkan bahwa PD Sarana Jaya bersama ketua unit pasar yang menaungi para pedagang telah mengatur hal tersebut.

Baca juga : Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Marie Thomas, Siapa Dia?

"Sudah diatur sama Dirut (PD Pasar Jaya), sudah diatur sama jajaran sama ketua unit pasar itu teknisnya enggak usah dibahas, prinsipnya semua akan diatur. Silakan teman-teman kalau mau lebih detail, silakan datang ke lokasi setempat," ujarnya.

Selain pedagang pasar, sambung dia, vaksinasi tahap kedua ini juga akan menyasar para wartawan dan aparat TNI-Polri yang bertugas di lapangan. 

Sementara itu, sebelumnya Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, proses vaksinasi diperkirakan rampung dalam lima hingga enam hari ke depan. 

"Untuk besok sesuai data yang masuk di kita, ada 9 ribuan. Di tempat ini kami harapkan kelar lima sampai enam hari," kata Maxi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/2). 

Berdasarkan data yang dihimpun dari PD Pasar Jaya, total pedagang pasar Tanah Abang yang akan divaksin sebanyak 9.791 orang. Proses vaksinasi besok akan dimulai pukul 07.00 WIB. 

Pedagang yang akan divaksin, lanjut Maxi, diharuskan datang 30 menit sebelum jadwal vaksin masing-masing. Saat pelaksanaan, akan terdapat lima hingga 10 titik penyuntikan vaksin. "Jadi ada 50 orang vaksinator besok," ucapnya.

Baca juga : Pekan Depan Divaksin, Ini Respons Sebagian Pengemudi Ojol

Maxi memperkirakan, besok alias hari pertama vaksinasi di Pasar Tanah Abang akan ada 1.500 hingga 2.000 pedagang yang divaksin. "Besok seribu sampai dua ribuan orang. Kalau yang belum sempat di-screening (tadi), besok bisa di-screening," kata dia. 

Seperti diketahui, proses screening untuk menentukan kelayakan calon penerima vaksin sudah dilakukan di Pasar Tanah Abang. Sejumlah pedagang yang belum di-screening diberikan kesempatan untuk melaksanakannya besok.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement