Rabu 17 Feb 2021 14:48 WIB

7 Makanan Sehat dengan Fakta yang Mengejutkan

Ada beberapa makanan sehat yang bernilai gizi paling tinggi di dunia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa makanan sehat yang bernilai gizi paling tinggi di dunia.
Foto: Pixabay
Ada beberapa makanan sehat yang bernilai gizi paling tinggi di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli menyepakati bahwa beberapa makanan tidak termasuk dalam makanan paling bergizi di dunia. Beberapa di antaranya adalah makanan favorit kita, seperti burger, spageti, keripik kentang, coklat, dan lain-lain. Mengkonsumsi makanan ini setiap hari bisa berpotensi membuat kita kelebihan berat badan dan kekurangan energi.

Oleh karenanya, ada beberapa makanan pula yang bergizi yang bisa kita makan di kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya makanan-makanan yang memiliki nutrisi terbaik itu memiliki beberapa fakta yang cukup mengejutkan bagi kita.

Baca Juga

Berikut beberapa fakta makanan sehat, dilansir laman Active Beat, Rabu (17/2).

 

Kale

Kale sangat populer dan menjadi salah satu makanan tersehat di dunia. Selain rendah kalori dan bebas lemak, kale sarat dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat alami.

Sederhananya, kale membuat kita merasa lebih baik daripada banyak makanan lainnya. Jika mengkhawatirkan rasa kale yang mungkin sedikit pahit, coba masak rebus kale atau tambahkan saus.

 

Rumput laut

Rumput laut sebenarnya adalah makanan yang sangat bergizi. Itu karena mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan, beberapa di antaranya tidak dapat ditemukan dengan mudah di banyak jenis buah atau sayuran lainnya. Rumput laut juga mengandung banyak antioksidan yang berpotensi mengurangi peradangan dan membantu pulih dari kondisi kesehatan tertentu.

Bawang putih

Meskipun kita tidak makan makanan yang paling bergizi seperti burger, kita masih bisa mendapatkan gizi dari bawang putih yang sering ditambahkan pada isiannya atau saus spageti, dan bahkan daging panggang. Bawang putih, selain murah, juga menambahkan rasa yang unik dan populer ke semua jenis hidangan.

Bahan ini sangat sehat, tinggi vitamin C, B1, dan B6. Itu juga penuh dengan kalsium, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Ilmuwan terus menyelidiki manfaat kesehatan dari bawang putih dan tampaknya menemukan atribut baru setiap saat.

Makanan Laut Bercangkang

Jika Anda mencari makanan yang benar-benar bergizi, perhatikan baik-baik makanan yang tinggi protein, vitamin, dan nutrisi tetapi relatif rendah lemak dan kalori. Kandungan-kandungan itu ada pada ikan-ikan bercangkang, dari udang hingga kepiting, dan lobster. Tiram juga kaya akan seng, tembaga, dan vitamin D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement