Kamis 18 Feb 2021 00:05 WIB

3 Efek Samping Vaksin Covid-19 Ini Bermakna Baik

Seperti vaksin lainnya, pemberian vaksin Covid-19 juga memunculkan efek samping.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Seperti vaksin lainnya, pemberian vaksin Covid-19 juga memunculkan efek samping.
Foto: ANTARA/M Agung Rajasa
Seperti vaksin lainnya, pemberian vaksin Covid-19 juga memunculkan efek samping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti vaksin lainnya, pemberian vaksin Covid-19 juga berisiko memunculkan efek samping. Akan tetapi, kemunculan efek samping setelah vaksinasi ini bukan berarti hal yang buruk.

Amanda Cohn dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa ada cara mudah untuk mengetahui apabila vaksin sedang bekerja. Untuk mengetahuinya, anggota National Center for Immunization and Respiratory Diseases CDC tersebut mengatakan ada tiga efek samping spesifik yang perlu diperhatikan setelah seseorang menerima vaksin Covid-19.

Baca Juga

Berikut ini adalah ketiga efek samping yang dapat menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 sedang bekerja menurut CDC, seperti dilansir Best Life, Rabu (17/2).

Nyeri di Area Penyuntikan

Cohn salah satu efek samping yang perlu diperhatikan adalah nyeri di area penyuntikan. Efek samping ini juga cukup banyak dialami orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Penasihat Covid-19 untuk Gedung Putih Anthony Fauci D juga mengalami efek samping ini setelah pemberian dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19. Fauci mengatakan saat dia menekan area penyuntikan, dia merasakan nyeri di lengan tersebut. Efek samping ini hanya bertahan hingga 24 jam saja.

Kelelahan

Cohn mengatakan rasa lelah juga dapat menjadi indikator bahwa sistem imun sedang bekerja setelah tubuh divaksinasi. Fauci tidak mengalami efek samping kelelahan ini setelah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19. Akan tetapi, dia merasakan efek samping ini setelah mendapatkan dosis kedua.

"Menjelang malam, saya mulai merasa sedikit kelelahan," tukas Fauci.

Baca juga : 7 Tanda Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement