Kamis 18 Feb 2021 09:49 WIB

Ini Pesan Boeing ke Maskapai Pascamusibah di Indonesia

Pakar menilai terlalu dini untuk mengatakan penyebab musibah Sriwijaya Air

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Petugas dari KNKT melihat puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hasil dari operasi pencarian di Dermaga JICT II, Tanjung Priok Jakarta, Kamis (21/1). Operasi pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 resmi dihentikan. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas dari KNKT melihat puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hasil dari operasi pencarian di Dermaga JICT II, Tanjung Priok Jakarta, Kamis (21/1). Operasi pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 resmi dihentikan. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA--Boeing Co mengeluarkan buletin teknis kepada maskapai penerbangan yang mengingatkan mereka untuk memastikan pilot memantau dengan cermat keadaan pesawat dan jalur penerbangan. Hal ini untuk mencegah hilangnya kendali dalam penerbangan.

Buletin yang tertanggal 15 Februari tersebut, dikirim setelah Indonesia mengeluarkan laporan awal tentang kecelakaan Sriwijaya Air pada 9 Januari yang menewaskan 62 orang di pesawat Boeing 737-500.

Penjelasan Boeing itu tidak secara eksplisit terkait dengan kecelakaan tersebut dan mencakup semua model Boeing modern. Tetapi  hal itu membahas salah satu bidang potensial yang menarik bagi penyelidik setelah kecelakaan tersebut, sambil menunggu penemuan unit memori perekam suara kokpit.

"Kesadaran awak pesawat yang terus-menerus tentang sikap pesawat, kecepatan udara, posisi kontrol penerbangan, dan pengaturan daya dorong sangat penting untuk pencegahan gangguan pesawat dan dapat mengurangi efek kejutan atau kejutan yang disebabkan oleh perubahan tak terduga yang cepat," kata buletin itu, Kamis (18/2).

Pabrikan pesawat itu secara berkala mengeluarkan pengingat semacam itu. Boeing mengatakan pihaknya secara teratur berkomunikasi dengan pelanggan tentang bagaimana mereka dapat mengoperasikan pesawat mereka dengan aman dan percaya diri.

"Dalam koordinasi yang erat dengan otoritas investigasi dan pengatur, komunikasi terbaru ini memperkuat pentingnya panduan dan pelatihan di seluruh industri dan Boeing tentang pencegahan dan pemulihan gangguan pesawat," kata pembuat pesawat AS itu.

Boeing, yang dikritik karena menyalahkan pilot atas kecelakaan 737 MAX 2018 di Indonesia yang kemudian dikaitkan dengan sistem yang salah, belum mengeluarkan komentar tentang penyebab kecelakaan Sriwijaya.

Menurut analisis keselamatan industri yang dikeluarkan oleh Airbus SE tahun lalu, kehilangan kendali dalam penerbangan merupakan kategori terbesar atau 33 persen, dari semua kecelakaan sejak dimulainya era jet.

Pakar keselamatan memperingatkan terlalu dini untuk mengatakan apa yang menyebabkan jatuhnya Sriwijaya.  Kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh serangkaian faktor terpisah. Laporan awal Sriwijaya menemukan bahwa pesawat mengalami ketidakseimbangan dalam dorongan mesin yang akhirnya membawanya ke gulungan tajam dan kemudian menyelam terakhir ke laut.

Ketika pesawat mencapai 8.150 kaki (2.484 m) setelah lepas landas, tuas throttle mesin kiri dipindahkan ke belakang sementara tuas kanan tetap di posisi semula. Salah satu pilot berbicara kepada pengawas lalu lintas udara dan tidak ada bukti dalam laporan bahwa mereka melihat perbedaan daya dorong.

Pada sekitar 10.900 kaki, pilot otomatis melepaskan diri dan pesawat berguling ke kiri lebih dari 45 derajat dan mulai menukik, jatuh sekitar 25 detik kemudian, kata laporan itu. 

 

 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement