Kamis 18 Feb 2021 12:50 WIB

Salah Bila Menyeruput Kopi dengan Cara Ini

Ada beberapa kesalahan minum kopi yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa kesalahan minum kopi yang berpotensi membahayakan kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Ada beberapa kesalahan minum kopi yang berpotensi membahayakan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sehari tanpa menyeruput kopi tentu akan terasa hambar bagi para pecinta kopi. Namun, para ahli telah mengatakan bahwa batas aman konsumsi kafein setiap harinya yakni 400 mg atau sekitar empat cangkir.

Karenanya jika secara teratur minum kopi lebih dari itu, Anda berisiko mengalami sakit kepala, detak jantung lebih cepat, tremor otot, insomnia, dan gugup berkepanjangan. Jika Anda berpikir untuk menambah asupan kopi, jangan lupakan risiko yang melekat padanya.

Baca Juga

Berikut ada juga beberapa kesalahan ketika minum kopi yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda, dilansir dari laman eatthis, Kamis (18/2).

1. Efek samping minum kopi dari cangkir kertas

 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Hazardous Materials menemukan bahwa minum kopi, teh, dan minuman panas lainnya dalam cangkir kertas dengan lapisan yang mengandung plastik, dapat membanjiri tubuh Anda dengan partikel mikroplastik berbahaya yang berpotensi menimbulkan konsekuensi berbahaya bagi kesehatan Anda.

“Ini sangat mengkhawatirkan bahwa bahan non-biodegradable yang banyak dipakai ini masuk dan terakumulasi dalam jaringan manusia, dan kami tidak mengetahui kemungkinan efek kesehatannya," kata Varun Kelkar, seorang peneliti dan Mahasiswa Ph.D di ASU.

Baca juga : Produksi Lays dan Cheetos Dihentikan Mulai Agustus 2021

2. Membuat kopi dari French Press

Ini salah satu cara paling elegan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan untuk menikmati secangkir kopi. Sayangnya, jika Anda secara teratur menggunakan French Press, itu bisa berdampak serius pada tubuh dalam jangka panjang.

"Kopi tanpa filter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah. Ketika menggunakan filter bisa mengurangi risiko ini dan membuat serangan jantung dan kematian dini lebih kecil kemungkinannya,” jelas Dag Thelle, seorang profesor senior di departemen kesehatan masyarakat dan kedokteran komunitas dari Universitas Gothenburg, Swedia.

3. Jangan minum kopi sebelum sarapan

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, mengonsumsi kafein di pagi hari sebelum sarapan dapat berdampak negatif terhadap kadar gula darah dan pada akhirnya meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

4. Kurangi krim atau gula pada kopi

Pakar kesehatan memperingatkan bahwa minum terlalu banyak kopi dengan tambahan gula atau krimmer dapat menambah berat badan Anda. Namun tidak ada salahnya minum kopi dengan tambahan krimmer atau gula, asal jangan berlebih saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement