Kamis 18 Feb 2021 23:21 WIB

Arab Saudi Buka Terminal Bandara Baru di Perbatasan Utara

Fasilitas ini bisa menampung satu juta penumpang setiap tahun.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Buka Terminal Bandara Baru di Perbatasan Utara. Terminal baru di Bandara Arar di perbatasan utara Arab Saudi yang diresmikan, Rabu (17/2).
Foto: SPA
Arab Saudi Buka Terminal Bandara Baru di Perbatasan Utara. Terminal baru di Bandara Arar di perbatasan utara Arab Saudi yang diresmikan, Rabu (17/2).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi membuka terminal bandara baru di Provinsi Perbatasan Utara, Rabu (17/3). Saudi Press Agency bahkan menyebut fasilitas ini bisa menampung satu juta penumpang setiap tahun. 

Terminal baru di bandara Arar diresmikan oleh Gubernur Wilayah Perbatasan Utara Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Khalid bin Sultan, dan Menteri Transportasi Saudi Saleh bin Nasser Al-Jasser.

Baca Juga

Pembangunan terminal bandara ini disebut menelan biaya sekitar Rp 1,4 triliun dan memiliki kapasitas lalu lintas udara yang dapat menampung lebih dari 10 ribu penerbangan per tahun. Penerbangan awal direncanakan akan mengambil rute ke dan dari ibu kota Riyadh melalui maskapai nasional Saudi Arabian Airlines.

Dilansir dari Arab News, terminal yang dinamakan The New Arar ini akan mengakomodasi pertumbuhan permintaan perjalanan udara oleh penduduk wilayah tersebut dan akan memberikan layanan dengan standar internasional.  Hal ini juga sejalan dengan rencana reformasi Kerajaan untuk mencapai pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Saudi.

Terminal perjalanan utama bandara baru ini memiliki enam gerbang perjalanan, termasuk dua gerbang penumpang yang dapat melayani empat pesawat sekaligus, dan empat gerbang yang akan berfungsi sebagai tempat parkir pesawat di sisi udara.

Di dalam terminal, terdapat 10 loket check-in, 12 loket pengawas paspor untuk kedatangan, dan delapan loket keberangkatan. Terdapat 900 kapasitas tempat duduk di terminal penumpang utama sedangkan tempat parkir mobil dapat menampung 616 ruang. 

https://www.arabnews.com/node/1811276/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement