Kamis 18 Feb 2021 18:19 WIB

Riba yang Dilakukan Bangsa Arab Jahiliyah

Riba merupakan salah satu permasalahan yang cukup rumit dalam Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Riba yang Dilakukan Bangsa Arab Jahiliyah (ilustrasi).
Foto: crethiplethi.com
Riba yang Dilakukan Bangsa Arab Jahiliyah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Para ulama telah membagi riba menjadi dua, di antaranya riba dayn dan riba ba'i. Riba dayn merupakan riba yang dilakukan oleh bangsa arab jahiliyah. 

Dikutip dari buku Harta Haram Muamalat Kontemporer karya Erwandi Tarmizi, riba dayn yakni pemberi hutang memberikan syarat kepada peminjam untuk mengembalikan hutang ditambah bunga, atau penjual barang tidak tunai mensyaratkan denda jika si pembeli telat melunasi kewajiban bayarnya yang telah jatuh tempo, atau si pembeli sendiri yang mengajukan persyaratan untuk membayar denda dengan ucapan, "Beri saya tenggang waktu dan akan saya bayar Iebih besar dari harga semula". Riba dayn dikenal juga dengan riba dalam Alquran. 

Khalifah Umar radhiyallahu anhu pernah mengungkapkan suatu pernyataan yang menunjukkan bahwa permasalahan riba merupakan salah satu permasalahan yang cukup rumit dalam Islam. 

Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam Mushannaf, Umar berkata, 

 

قال عمر: تركنا تسعة أعشار الحلال مخافة اربا

"Kami meninggalkan 9/10 transaksi muamalat halal karena khawatir terimbas riba". 

Oleh karena itu, para ulama menyusun sebuah kaidah penting untuk mengetahui mengetahui aplikasi-aplikasi riba dalam berbagai jenis akad. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement