Kamis 18 Feb 2021 19:55 WIB

Tangerang Berdayakan Koperasi Bantu Pemulihan Ekonomi

Permasalahan koperasi di Kota Tangerang dapat dikelompokkan dalam empat kondisi.

Tangerang Berdayakan Koperasi Bantu Pemulihan Ekonomi (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol_93
Tangerang Berdayakan Koperasi Bantu Pemulihan Ekonomi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,TANGERANG -- Pemerintah Kota TangerangProvinsi Banten akan melakukan pemberdayaan koperasi untuk membantu proses percepatan perkembangan ekonomi di tengah pandemiCOVID-19 dalam pemulihan ekonomi nasional.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan upaya penguatan koperasi dilakukan dengan pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD mengenai pemberdayaan koperasi yang bertujuan memperkokoh dan memantapkan organisasi, manajemen serta usaha koperasi.

Sehingga dihasilkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri dan tangguh. Oleh karena itu diperlukan peran pemerintah daerah dan masyarakat guna pemberdayaan koperasi.

"Permasalahan koperasi di Kota Tangerang dapat dikelompokkan dalam empat kondisi. Pengetahuan koperasi, bisnis, kelembagaan dan peluang proyek percontohan dalam penerapan pola syariah. Dengan mengharapkan percepatan proses perekonomian yang berkembang sesuai visi Kota Tangerang," katanya dalam keterangan resmi di Tangerang Kamis (18/2).

Selain itu Pemerintah Kota Tangerang juga mengajukan Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan kepada DPRD yang berisi mengenai urusan wajib pendidikan meliputi pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini dan pendidikan non formal.

Selain itu penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan diarahkan untuk menjamin kesempatan memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

"Dengan Raperda yang baru diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM dan peningkatan mutu pendidikan," katanya menegaskan.

Selain Pemkot Tangerang yang mengajukan Raperda, DPRD juga mengusulkan dua Raperda inisiatif tentang transportasi dan tata laksana kinerja DPRD.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengungkapkan Raperda transportasi diharapkan dapat mewujudkan penyelenggaraan transportasi kota yang aman, nyaman, lancar, tertib dan dapat mengatasi permasalahan transportasi di wilayah Kota Tangerang.

"Terkait tata laksana kinerja DPRD, kami sepakat membahas bersama sepanjang sesuai dengan amanat ketentuan yang lebih tinggi," kata Wakil Wali Kota Sachrudin.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement