Jumat 19 Feb 2021 00:18 WIB

Lawan Arsenal, Guardiola Pastikan Gundogan Bisa Tampil

Saat ini, kondisi Gundogan jauh lebih baik.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berjalan di lapangan pada akhir pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara West Bromwich Albion dan Manchester City di stadion Hawthorns di West Bromwich, Inggris, Selasa, 26 Januari 2021.
Foto: AP/Laurence Griffiths/Pool Getty
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berjalan di lapangan pada akhir pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara West Bromwich Albion dan Manchester City di stadion Hawthorns di West Bromwich, Inggris, Selasa, 26 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengungkapkan, Ilkay Gundogan sudah bisa diturunkan di dua laga The Citizen berikutnya, termasuk saat melawat ke markas Arsenal pada pekan ke-25 Liga Primer Inggris, Ahad (21/2) malam WIB.

Begitu juga saat City menghadapi Borussia Monchengladbach di Stadion Puskas Arena, Budapest, di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan depan.

Gundogan terpaksa mengakhiri laga lebih cepat saat City mencukur Tottenham Hotspur, 3-0, pada pekan ke-23 Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu. Pada saat itu, gelandang asal Jerman itu ditarik keluar pada menit ke-69 lantaran mengalami cedera paha.

Di laga tersebut, Gundogan berhasil mencetak dua gol dan satu assist. Akibat cedera paha tersebut, gelandang berusia 30 tahun itu absen kala City membungkam Everton, 3-1, di laga tunda Liga Primer Inggris, Kamis (18/2) dini hari.

Guardiola mengaku tidak menyertakan Gundogan di laga kontra Everton untuk memberikan kesempatan pada eks gelandang Borussia Dortmund itu untuk bisa beristirahat dan memulihkan kondisinya. Guardiola tidak mau mengambil resiko terkait kemungkinan makin parahnya cedera yang dialami Gundogan.

''Saat ini, kondisi Gundogan jauh lebih baik. Cederanya memang tidak parah, tapi saya tidak mau mengambil resiko. Karena itu, saya memberikan waktu lebih banyak kepadanya untuk beristirahat,'' kata Guardiola seperti dilansir laman resmi klub, Kamis (18/2).

Mantan pelatih Barcelona itu optimis Gundogan sudah cukup fit dan bisa diturunkan di dua laga The Citizen berikutnya.

''Di laga menghadapi Arsenal dan Monchengladbach, dia seharusnya sudah bisa diturunkan. Performa Gundo pada musim ini begitu luar biasa. Kami telah berbicara soal itu. Apabila bertekad untuk bisa menjadi juara pada musim ini, kami membutuhkan seluruh pemain yang ada di tim ini,'' ujar eks pelatih Bayern Muenchen tersebut.

Gundogan memang tengah menjalani musim terbaiknya sejak pertama kali direkrut City dari Dortmund pada 20016 silam, setidaknya dalam hal catatan gol. Gundogan bahkan tercatat bisa mengemas 11 gol dari 12 penampilannya terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

Secara keseluruhan, Gundogan telah mengemas 13 gol dan tiga assist dari 26 penampilan di semua ajang pada musim ini. Catatan gol Gundogan pada musim ini ini jauh lebih tinggi dibanding sepanjang musim lalu, yang hanya mampu mengemas lima gol dan dari 50 penampilan di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement