18 Rajab 1442

Lampu Gantung Masjid Sheikh Zayed Menjalani Pemeliharaan

Sabtu , 20 Feb 2021, 05:32 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid Agung Sheikh Zayed

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki tujuh lampu gantung ikonik yang indah dan selaras dengan arsitektur Islam. Baru-baru ini, lampu gantung tersebut mendapatkan pemeliharaan berstandar internasional selama 45 hari oleh 45 orang.

Menurut Pusat Masjid Agung Sheikh Zayed (SZGMC), ada 45 orang insinyur Emirat jempolan, yang menyelesaikan perombakan.

"(Itu) dilakukan sebagai bagian dari rencana strategis yang diadopsi oleh SZGMC untuk memastikan generasi mendatang dapat terus menghargai arsitektur masjid yang kaya," kata Salem Al Suwaidi, direktur layanan dukungan di SZGMC dilansir dari Khaleej Times, Jumat (19/2).

Lampu gantung, tambahnya, adalah komponen penting dari desain ikon masjid yang terkenal di dunia itu. Lampu spektakuler ini adalah daya tarik bagi wisatawan.

Tujuh lampu ikonik tersebut adalah sebuah karya seni yang menakjubkan bagi jutaan orang yang mengunjungi masjid setiap tahunnya. Mereka mewujudkan detail arsitektur Islam yang terbaik.

Keindahan lampu gantung berpadu mulus dan kohesif dengan medali dan desain ornamen di atas karpet megah yang diikat dengan tangan di bawah, menciptakan ansambel artistik yang terintegrasi. Karpet dengan potongan kristal warna-warni tergantung di atas kepala menyerupai hamparan luas air yang memantulkan warna cerah.

Lampu gantung terbesar di aula utama berukuran tinggi 15,5 meter, diameter 10m, dan berat hampir 12 ton. Menggabungkan 15.500 lampu LED, ia dilengkapi dengan tangga spiral di bagasi untuk memungkinkan personel perawatan naik ke atas untuk menyelesaikan pekerjaan pembersihan atau memperbaiki kesalahan apa pun.

Dengan menggunakan platform perancah, bagian tengah dari bagian silinder kandil dapat diturunkan ke tingkat tertentu untuk memungkinkan perawatan yang mulus. Pekerjaan pemeliharaan, mengharuskan tim bekerja 12 jam setiap hari, kecuali hari Jumat.

Selain insinyur, ada manajer proyek, supervisor lokasi, teknisi, dan supervisor kesehatan dan keselamatan yang mendampingi selama pekerjaan perawatan.

“Perawatan lampu gantung dilakukan sesuai dengan standar internasional tertinggi, karena dapat menarik perhatian sejumlah besar pengunjung setiap hari. Kami bangga atas kontribusi yang diberikan oleh tenaga kerja Emirat kami dalam memastikan penyelesaian pekerjaan pemeliharaan tepat waktu yang menuntut perhatian cermat terhadap detail, dan kepatuhan terhadap standar kualitas internasional tertinggi. Upaya tersebut sangat penting untuk mempertahankan status ikonik landmark ini yang dalam waktu singkat telah menjadi tujuan utama agama dan budaya,” kata Al Suwaidi.

 

widget->kurs();?>