3 Ramadhan 1442

Yang Dibaca Allam Semesta Ketika Berthawaf

Jumat , 19 Feb 2021, 19:33 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Yang Dibaca Allam Semesta Ketika Berthawaf (ilustrasi).
Yang Dibaca Allam Semesta Ketika Berthawaf (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih. Adapun yang berkenaan dengan tasbih, Rasulullah bersabda:

"Mengucapkan Subhanallah, Walhamdulillah, Wala Ilaha Ilallah wallahu Akbar, "lebih aku sukai daripada segala yang terkena sinar matahari."(HR Muslim).

Dr Thariq As-Suwaidan dalam bukunya Misteri Haji dan Umrah, Mengungkap Rahasia Besar Amalan Haji dan Umrah,  bersamaan dengan semesta, manusia juga bertasbih mengucapkan yang artinya.

"Ya Allah kami berlindung dengan ridho-Mu dari segala kermurkaan-Mu dan dengan maaf-Mu dari segala hukuman-Mu dan dengan-Mu dari segala yang akan Kau timpakan, pujian yang kami ungkapkan takkan pernah sempurna, sebagaimana Engkau menyanjung atas dirimu."

Allah subhanahu wa taala dalam surah ar-rum ayat 17-18 berfirman. "Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh dan bagi-Nya lah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu dzuhur."

Dr Thariq As-Suwaidan mengatakan, tidak ada satu makhluk pun, baik yang kita ketahui atau yang tidak kita ketahui, kecuali ia pasti akan bertasbih memuji Tuhannya yang Maha tinggi. Menurutnya dalam surat al-isra ayat 44 Allah berfirman.

"Dan tak ada satu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka."

Itulah kata Dr Thariq bentuk keimanan yang hakiki bahwa benda yang kecil apapun di dalam semesta ini pasti akan bertasbih kepada Allah. Allah telah menjadikan banyak benda alam terbentuk dari atom-atom yang sangat kecil, sebagaimana Allah telah menjadikan alam semesta terdiri atas susunan matahari, galaxy bintang bintang, dan benda-benda lain yang tidak kita ketahui.

"Semua benda-benda itu tunduk menghadap pada penciptanya. Bumi, bulan dan planet semua beredar dan berputar dari kiri ke kanan."

"Dia masing-masing beredar pada garis edarnya." (Yasin ayat 40)

Begitu juga dengan ratusan juta dan bintang-bintang ketika Allah berfirman dalam surat nahl ayat 8 yang artinya. "Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. Dalam FirmanNya almudatsir ayat 31 Allah berfirman Dan tidak ada yang mengetahui tentara tuhanmu melainkan Dia sendiri."

 

widget->kurs();?>