Ahad 21 Feb 2021 07:55 WIB

Azis Samual Bicara Soal Kinerja Airlangga Sebagai Menteri

Airlangga saat ini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian periode 2019-2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi senior Partai Golkar, Azis Samual, memberikan pandangan mengenai kiner Airlangga Hartarto. Ketua Umum Partai Golkar tersebut menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian periode 2019-2024.

Azis mengeklaim, Airlangga berkinerja baik, terutama perannya dalam menjaga Perekonomian Nasional di tengah Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun di Indonesia.

"Padahal kita semua tahu bahwa sebelum pandemi, ekonomi kita sedang bertumbuh. Akibat Covid-19, jutaan rakyat kehilangan pekerjaan, ribuan pengusaha menderita kerugian dan banyak di antara mereka yang terpaksa gulung tikar," kata Azis, Ahad (21/2).

Menurutnya, dalam sekala negara, pemerintah mengalami defisit anggaran yang cukup tinggi, karena penerimaan dari sektor pajak jauh menurun. Namun, sambung Azis, dia melihat dan tetap merasakan optimisme yang tinggi. 

Meskipun Covid-19 telah membuat khawatir, tetapi upaya Pemerintah Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo cukup memberikan keyakinan bahwa Indonesia bisa bangkit Kembali. Ia mengeklaim, Airlangga bisa menerjemahkan arahan presiden menjadi kebijakan yang mampu merangsang Ekonomi Indonesia.

"Sehingga tidak terlalu terjerembab jatuh, dan terhindar dari krisis ekomi yang parah. Airlangga cerdas dalam memberikan sinyal positif kepada menteri-menteri Ekonomi, ia menjadi dirigen dalam mengharmonisasi kebijakan fiskal dan moneter. Komunikasi yang efektif dengan Bank Sentral dan Kementerian Keuangan sedemikian rupa berhasil menyinergikan keduanya untuk memberikan solusi bagi rakyat yang terdampak ekonominya akibat Covid-19," kata Azis menambahkan.

Pada aspek lain, Azis juga menilai komunikasi politik yang dilakukan Airlangga dengan parlemen, lembaga, kementerian, TNI/Polri, dengan ormas dan juga dengan Partai Politik lainnya, menunjukan kredibilitas.

 

Sebagai Politisi Senior Partai Golkar, Azis yang sebelumnya pernah menjabat Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Timur Indonesia, merasa bangga terhadap pencapaian dan kenerja Ketua Umumnya.

"Di bawah kepemimpinan beliau, saya semakin bersemangat dan bekerja keras di Golkar dan semakin yakin di 2024 Partai Golkar sangat solid dan insyaa Allah, dukungan masyarakat akan lebih meningkat dibandingkan tahun 2019," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement