Ahad 21 Feb 2021 19:56 WIB

Seluruh Perjalanan KA Menuju Jakarta Dibatalkan

Penumpang terdampak pembatalan perjalanan dapat melakukan proses pembatalan tiket.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada penumpang di Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jateng.
Foto: ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
[Ilustrasi] Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada penumpang di Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menyusul bencana banjir, PT KAI tidak hanya menghentikan perjalanan KA dari arah Jakarta menuju daerah. Namun, keberangkatan sejumlah KA dari stasiun di daerah menuju Jakarta sepanjang Ahad (21/2) juga dibatalkan.

"Termasuk seluruh KA yang melintas di stasiun wilayah Daop 5 menuju arah Jakarta, juga dibatalkan," kata Pejabat yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Hendra Wahyono, Ahad (21/2).

Baca Juga

Dia mengatakan, jumlah KA penumpang menuju Jakarta yang dibatalkan ada sebanyak 11 rangkaian. KA yang dibatalkan tersebut tidak hanya KA yang diberangkatkan dari stasiun wilayah Daop 5, tetapi juga KA yang diberangkatkan dari stasiun wilayah Daop lain dan melintas di wilayah Daop 5.

"KA dari Daop 5 yang dibatalkan perjalanannya pada hari ini, ada dua KA, yakni, KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasar Senen, dan KA Serayu relasi Purwokerto-Bandung-Pasar Senen," kata dia.

Sedangkan KA dari Daop lain yang dibatalkan perjalanannya, ada sebanyak 9 KA. Yakni, KA Progo relasi Lempuyangan-Pasarsenen, KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir, KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Senja Utama Solo relasi Solobalapan-Pasar Senen, KA Singasari relasi Blitar–Pasar Senen, KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Gambir, KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir, dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen.

Selain KA menuju arah Jakarta, Hendra juga menyebutkan, ada lima KA dari arah Jakarta yang melintas di wilayah Daop 5 yang dibatalkan perjalanannya. Antara lain, KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng, KA Gajayana relasi Gambir-Malang, KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan, KA Jayakarta relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng, dan KA Serayu relasi Pasar Senen-Bandung-Purwokerto.

Dia menyebutkan, perjalanan KA tersebut dibatalkan karena sejumlah ruas jalur KA terendam banjir. Yakni, banjir di lintas Kedunggedeh-Lemahabang yang mencapai ketinggian 1,5 meter, dan gogosan batu balas di lintas Cikarang-Karawang. 

Terkait pembatalan perjalanan KA ini, Hendra menyampaikan permohonan maaf bagi para calon penumpang yang sudah memiliki tiket atau sudah merencanakan perjalanan KA menuju Jakarta.  "Penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan dapat melakukan proses pembatalan tiket melalui loket yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen di luar bea pemesanan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement