Senin 22 Feb 2021 02:02 WIB

Saudi Buka Perekrutan Militer Perempuan Bangun Inklusivitas

Wanita Arab Saudi yang melamar dapat menduduki posisi sebagai tentara.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Saudi Buka Perekrutan Militer Perempuan Bangun Inklusivitas (ilustrasi)
Foto: EPA/STR
Saudi Buka Perekrutan Militer Perempuan Bangun Inklusivitas (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengumumkan pihaknya saat ini mulai membuka perekrutan di bidang militer. Pendaftaran dibuka bagi pria maupun wanita, melalui portal penerimaan terpadu yang telah disediakan.

Pelamar wanita disebut dapat mendaftar dan bergabung dengan Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Angkatan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, maupun Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Dilansir di Al-Arabiya, Ahad (21/2), Kementerian Pertahanan menyebut Wanita Arab Saudi yang melamar dapat menduduki posisi sebagai tentara, kopral dua, kopral, sersan dan staf sersan.

Langkah tersebut dilakukan di bawah inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yakni memperkenalkan reformasi yang memajukan wanita Arab Saudi di berbagai bidang.

Bagi warga Saudi yang ingin bergabung dengan angkatan bersenjata, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Bagi pelamar wanita, harus berusia antara 21 dan 40 tahun, tinggi 155 cm atau lebih dan tidak boleh berasal dari pegawai pemerintah.

Selain itu, pelamar juga harus lulus prosedur penerimaan dan memiliki catatan kriminal yang bersih. Syarat lainnya, mereka harus dinyatakan sehat secara medis untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi negara.

Kartu Identitas Nasional wajib dimiliki wanita Arab Saudi yang ingin mendaftar. Minimal, pelamar menyelesaikan pendidikan sekolah menengah dan tidak boleh menikah dengan warga negara non-Arab Saudi.

Bagi warga negara pria yang ingin bergabung dengan angkatan bersenjata, mereka harus berusia antara 17 dan 40 tahun, serta memiliki tinggi minimal 160 sentimeter.

Sama seperti syarat yang ditujukan bagi pelamar wanita, pelamar pria juga harus lulus prosedur penerimaan, memiliki catatan kriminal yang bersih, dan membuktikan secara medis layak untuk bertugas.  

 

Sumber: https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/02/21/Saudi-Vision-2030-Saudi-Arabia-opens-military-recruitment-to-women-in-latest-move-for-inclusivity-

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement