Senin 22 Feb 2021 18:23 WIB

PBB: Supremasi Kulit Putih Jadi Ancaman Trans-Nasional

PBB juga menyebut gerakan neo-Nazi jadi ancaman trans-nasional

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Kelompok supremasi kulit putih
Foto: wikipedia
Kelompok supremasi kulit putih

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan supremasi kulit putih dan gerakan neo-Nazi menjadi ancaman transnasional. Dia menyebut kedua kelompok itu telah mengeksploitasi pandemi Covid-19 untuk meningkatkan dukungan terhadap mereka.

Guterres menyebut kelompok-kelompok yang berlandaskan kebencian semakin meningkat setiap hari. “Supremasi kulit putih dan gerakan neo-Nazi lebih dari sekadar ancaman teror domestik. Mereka menjadi ancaman transnasional," katanya saat berbicara di Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB pada Senin (22/2).

Baca Juga

Dia menyebut gerakan ekstremis semacam itu telah menjadi ancaman internal nomor satu di beberapa negara. Namun, Guterres tak mengungkapkan negara-negara yang dimaksud.

"Terlalu sering, kelompok pembenci ini disemangati oleh orang-orang yang memiliki posisi bertanggung jawab dengan cara yang dianggap tak terbayangkan belum lama ini. Kita membutuhkan tindakan terkoordinasi global untuk mengalahkan ancaman dan bahaya yang berkembang ini," ujar Guterres.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement