25 Rajab 1442

Emil-Sandiaga Bahas Kolaborasi Pariwisata Saat Pandemi

Senin , 22 Feb 2021, 22:12 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Menteri Parekraf, Sandiaga Uno menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2). Hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik.
Menteri Parekraf, Sandiaga Uno menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2). Hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik.

IHRAM.CO.ID,BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membahas kolaborasi pengembangan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi di tengah pandemi COVID-19 di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2).

Sandiaga Uno mengatakan tujuan kedatangan ke rumah dinas Gubernur Jabar tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang membahas masalah perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Jadi hari ini kami bicara kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan kita 19 Januari mendatang. Pertama, bahwa KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," kata Sandi Uno.

Menteri Sandi menuturkan rencana pihaknya bersama Ridwan akan meninjau lokasi KEK Lido, Kabupaten Bogor pada Maret 2021 untuk memastikan perkembangan proyek itu berjalan lancar. "Insya Allah kami akan melakukan kunjungan di bulan Maret untuk memastikan perkembangan dan kemajuan dari KEK pariwisata pertama di Jabar," ujarnya.

Selain itu, Menteri Sandi juga menerima masukan Ridwan Kamil yang meminta dukungan Kemenparekraf dalam program pengadaan lahan untuk Program Petani Milenial. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil berharap kedatangan Sandi bisa mendorong kebangkitan ekonomi pariwisata di Jabar. "Saya ucapkan terima kasih kunjungannya Pak Menteri. Gagasan membangun pariwisata sebagai lokomotif ekonomi sudah saya sampaikan. Semoga didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami, mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," lanjut Kang Emil.

Sementara itu, sosok Sandiaga Uno dan M Ridwan Kamil menjadi dua nama yang kerap masuk dalam lingkaran sejumlah lembaga survei terkait Pilpres 2024. Saat disinggung soal kemungkinan keduanya untuk berduet pada Pilpres 2024, Ridwan mengatakan jika ia masih fokus pada tanggung jawabnya sebagai gubernur Jabar.

Akan tetapi, Kang Emil menuturkan tidak menutup kemungkinan akan berduet dengan Sandi. "Tidak ada yang tidak mungkin, tapi tadi kata Pak Sandi masih jauh, kita fokus. Saya menyelesaikan gubernur, pak Sandi menyukseskan Parekraf. Bukan tidak mungkin, tapi tidak sekarang," kata dia.

Emil mengaku pertemuan dengan Sandi sama sekali tak membahas soal politik. "Karena ini kunjungan dinas ya ramai orang jadi yang dibahas kedinasan tidak membahas Pilpres," ujar Emil.

Sementara itu, Sandiaga Uno menilai saat ini dirinya hanya ingin menyelesaikan tugasnya sebagai menteri terlebih ia dan Ridwan Kamil memiliki tanggung jawab besar untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

 

widget->kurs();?>