Selasa 23 Feb 2021 09:47 WIB

AS Kembali Tekankan Solusi Dua Negara untuk Israel-Palestina

AS masih berpegang pada solusi 2 negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Bendera Israel-Palestina
Bendera Israel-Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan percakapan via telepon dengan Menlu Israel Gabi Ashkenazi pada Senin (22/2). Dalam kesempatan itu, mereka turut membahas isu konflik Israel-Palestina.

Blinken menyampaikan pada Ashkenazi bahwa AS masih berpegang pada solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. "Menekankan keyakinan pemerintahan (Presiden Joe) Biden bahwa solusi dua negara adalah cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara Yahudi dan demokratis, hidup dalam damai bersama negara Palestina yang layak serta demokratis," kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Belum lama ini, AS memperingatkan pencaplokan tanah dan kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki dapat memperburuk ketegangan. Hal itu pun berpotensi menghambat proses solusi dua negara Israel-Palestina.

"Kami percaya sangat penting untuk menahan diri dari langkah sepihak yang memperburuk ketegangan dan merusak upaya untuk memajukan negosiasi tentang solusi dua negara, termasuk aneksasi tanah, kegiatan permukiman, dan penghancuran properti," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, dikutip laman Middle East Monitor pada 13 Februari lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement