25 Rajab 1442

Masjid Nottingham Buka Pusat Vaksin Covid-19

Selasa , 23 Feb 2021, 11:17 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani / Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid di Nottingham, Inggris.
Masjid di Nottingham, Inggris.

IHRAM.CO.ID, NOTTINGHAM -- Masjid Sherwood di Nottingham, Inggris, membuka pop-up pusat vaksinasi Covid-19. Hadirnya pusat vaksin ini sebagai salah satu upaya mengurangi ketidakpercayaan terhadap vaksin dalam komunitas Muslim.

Sebelumnya, sekitar 40 dosis vaksin telah diberikan di Five Ways Islamic Center di Edwards Lane, Senin (22/2) kemarin. Petugas medis Inggris berharap jumlah vaksinasi di daerah itu dapat digandakan segera.

Hadirnya pusat vaksin pop-up ini adalah bagian dari model klinik vaksin keliling yang akan bergantian hadir, antara Masjid Five Ways dan masjid As-Shifa di Bobbersmill, selama beberapa minggu mendatang.

Dilansir di Nottingham Post, Selasa (23/2), salah satu dokter yang tergabung dalam kegiatan ini, Dokter Shahid Amin, mengatakan suasana penerimaan pusat vaksin ini dirasa positif. Ia berharap penerimaan yang baik ini akan mendorong lebih banyak orang untuk mendapatkan vaksin.

“Vaksin ini tidak hanya untuk komunitas BAME - semua orang dipersilakan menerima vaksin. Saya percaya keterlibatan setiap pihak dan sikap positif dapat mendorong lebih banyak orang mendapatkan vaksinasi," kata dia.

Dr Amin merupakan dokter umum di St Luke, Radford, selama 17 tahun. Ia menyebut petugas medis dan setiap pihak yang berkepentingan berjuang tidak hanya melawan pandemi, tetapi juga disinformasi. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu, semakin buruk misinformasi ini beredar di masyarakat.

Pemilik bisnis daring di Hyson Green, Hamid Mehmood, menjadi salah satu pasien yang mendapat suntikan pertama. Pria berusia 50 tahun ini menyebut dirinya merasa lega karena telah mendapat vaksin Covid-19.

"Saya rasa penting bagi orang-orang untuk mengetahui jika kita tidak melakukan ini (vaksin) hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Jika harus memilih antara mendapatkan vaksin atau menyebarkan virus, maka kita harus memilih vaksinnya," ucap Mehmood.

Ketua Pusat Vaksinasi di Masjid Sherwood, Dokter Saeed Mughal, mengatakan respon dari masyarakat sekitar sangat luar biasa. Banyak yang memberikan respon positif dan luar biasa.

“Kami senang bisa menawarkan vaksin kepada orang-orang di sini, di masjid. Tempat parkir dapat diakses oleh semua orang, jadi kami berharap dapat menyambut lebih banyak," ujarnya.

Direktur Kesehatan Masyarakat di Nottingham, Alison Challenger, mengatakan pihaknya menyadari betapa serapan vaksinasi lebih rendah di komunitas etnis kulit hitam, Asia maupun minoritas di Nottingham. Dengan alasan itu, penting bagi pihaknya untuk mengambil tindakan dan mengatasi hal tersebut

"Saya senang, pop-up pusat vaksinasi di masjid ini dihadiri banyak orang. Saya berharap dapat diberikan ide untuk lebih mengeksplorasi bagaimana kami dapat menjangkau orang-orang dalam komunitas yang lebih luas," kata Alison Challenger.

Lebih lanjut ia menyebut vaksinasi Covid-19 adalah satu-satunya jalan keluar dari pandemi ini. Menjadi aspek yang sangat penting agar setiap orang mau maju untuk vaksinasi, ketika mereka dinyatakan memenuhi syarat. 

 

widget->kurs();?>