25 Rajab 1442

Delapan Masjid Bersejarah Iran Dijadikan Warisan Nasional

Selasa , 23 Feb 2021, 13:35 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Delapan Masjid Bersejarah Iran Dijadikan Warisan Nasional. Masjid Nasir al Molk di Iran
Foto : aboutislam
Delapan Masjid Bersejarah Iran Dijadikan Warisan Nasional. Masjid Nasir al Molk di Iran

IHRAM.CO.ID, TEHRAN -- Sebanyak delapan masjid bersejarah di berbagai desa di lanskap budaya Uraman di Iran barat baru-baru ini ditambahkan ke daftar Warisan Nasional. Menurut Direktur Lanskap Budaya Pouya Talebnia, dengan masuk dalam daftar Warisan Nasional sehingga pemeliharaan dan pelestarian masjid terjamin.

 

Delapan masjid tersebut antara lain, Masjid Mohammadi Olia dan Mohammadi Sofla di desa Dulab, masjid Mohammad Rasul Allah dan Jameh di Palangan, masjid Abdollah Omar di Tangivar, Pir Omar di Galin, Abdollah Ibn Omar di Ta, dan masjid bersejarah desa Bozlaneh.

 

Baca Juga

"Masjid-masjid tersebut berasal dari era sejarah yang berbeda, namun, yang tertua berasal dari era Ilkhanid (1256–1353), sementara beberapa lainnya berasal dari era Safawi (1501–1736) dan periode Qajar (1789–1925)," kata Pouya Talebnia dilansir dari Tehran Times, Selasa (23/2).

 

"Banyak upacara keagamaan diadakan di wilayah ini, yang membuat peran masjid menjadi lebih penting," tambahnya. 

 

Talebnia mencatat selama bertahun-tahun orang telah membangun masjid baru di atas sisa-sisa masjid bersejarah alih-alih memulihkan dan merenovasi yang lama. Oleh karena itu tampaknya perlu memasukkan masjid bersejarah ke dalam daftar Warisan Nasional.