Produk Ramah Lingkungan Indonesia Diminati Pebisnis Jeddah

Selasa , 23 Feb 2021, 23:17 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Produk Indonesia yang ramah lingkungan diminati pebisnis Jeddah Arab Saudi. Ilustrasi produk ramah lingkungan Indonesia
Produk Indonesia yang ramah lingkungan diminati pebisnis Jeddah Arab Saudi. Ilustrasi produk ramah lingkungan Indonesia

IHRAM.CO.ID, JEDDAH – CB Jeddah adalah toko tempat pengunjung dapat menemukan produk berbahan kelapa buatan tangan dan mangkuk kayu berkualitas tinggi, yang ideal untuk semua jenis makanan, mulai dari es krim hingga sup, salad, dan bahkan kari panas.  

 

Terkait

Toko yang berbasis di Jeddah ini mengirimkan pesanan ke seluruh Saudi. Shaima Agil, seorang mahasiswa administrasi publik, meresmikan toko tersebut bulan lalu.

Baca Juga

Ide itu datang padanya ketika dia memutuskan untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sadar kesehatan dan mencari resep secara online. 

“Saya melihat gambar smoothie dalam mangkuk kelapa, dan saya terpesona oleh betapa indahnya itu! Sulit untuk mendapatkannya di Arab Saudi, jadi saya berpikir, mengapa saya tidak membeli mangkuk ini sendiri dan mencoba menjualnya di sini. Saya selalu tertarik dengan produk alami dan ramah lingkungan, jadi saya membeli banyak mangkuk dan membuat akun Instagram untuk menampilkannya,"ujar dia dilansir di arabnews.com.

Startup tersebut berencana untuk menambahkan peralatan kayu, sedotan bambu, yang terbuat dari batok kelapa ke dalam lini produknya.

CB Jeddah mengimpor mangkuknya dari Indonesia, di mana pohon kelapa tumbuh berlimpah dan tempat pengrajin lokal berbakat membuat mangkuk dengan tangan.

Agil menjelaskan, para pengrajin pertama-tama membelah kelapa menjadi dua, mengalirkan air, mengukir daging buahnya, kemudian membuat dan memolesnya dengan lembut sampai bersinar. “Alam memberi kita semua yang kita butuhkan, jadi mari bersikap baik dan tidak merusaknya dengan limbah industri,” kata dia.

Jumlah kelapa yang sangat besar yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk yang berbeda menghasilkan banyak limbah. Beberapa negara membakarnya, yang meningkatkan karbon dan emisi berbahaya lainnya. Itulah mengapa menggunakan kembali dan mendaur ulangnya membantu bumi.

Pelanggan dapat mengirim SMS ke CB Jeddah melalui pesan langsung di akun Instagram @cbjeddah. “Produk kami cocok untuk mereka yang menyukai alam, dekorasi dan fotografi makanan. Mereka juga bisa memberikan hadiah yang luar biasa, ”kata sang pendiri.