18 Rajab 1442

Tangerang Tunggu Kemenag Bahas Penentuan Lokasi Asrama Haji

Selasa , 23 Feb 2021, 23:43 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Tangerang Tunggu Kemenag Bahas Penentuan Lokasi Asrama Haji (ilustrasi).
Tangerang Tunggu Kemenag Bahas Penentuan Lokasi Asrama Haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang masih menunggu tindak lanjut dari Kementerian Agama terkait penentuan lokasi pembangunan asrama haji dan umrah.

"Kami sudah kirimkan surat sepekan lalu kepada Kementerian Agama mengenai pembahasan lanjutan mengenai lokasi pembangunan asrama haji dan umrah. Sekarang kami menunggu undangan pembahasannya," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai memberikan surat izin usaha mikro kecil kepada pelaku usaha di Kelurahan Bencongan Cibodas, Senin (22/2).

Dijelaskannya, Pemkot Tangerang telah mengirimkan tiga opsi lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan asrama haji dan umrah yakni Buaran Indah dekat Modernland, Jalan Garuda dekat Airnav dan belakang RSK Sitanala. Untuk di Buaran Indah lokasinya berdekatan dengan tol.

Lalu di Jalan Garuda ada lahan milik Kementerian BUMN dan belakang RSK Sitanala milik Kementerian Kesehatan.Dari ketiga lokasi tersebut ada dua yang sangat strategis yakni belakang RSK Sitanala dan Jalan Garuda. Oleh karena itu pembahasan selanjutnya adalah melibatkan dua kementerian lainnya yakni Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN.

"Jadi nantinya Kementerian Agama mengundang juga dari Kemenkes dan BUMN sebab ada rencana penggunaan lahan sebagai aset dari kedua kementerian. Kami masih menunggu lanjutannya," ujarnya.

Selain itu Pemerintah Kota Tangerang juga telah mengirimkan surat kepada Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang ingin ikut serta menjembatani mengenai pembangunan asrama haji ini. "Surat juga sudah dikirim ke Pak Wapres," katanya.

Sebelumnya Selly Andriany Gantina selaku Anggota Komisi VIII DPR RI usai melakukan kunjungan kerja ke Puspemkot Tangerang (3/2/2021) Rabu mengungkapkan asrama haji di Kota Tangerang mulai beroperasi pada tahun 2023.

"Kami minta tahun ini dilakukan penentuan lahan dan tahun depan dilaksanakan pembangunan. Sehingga tahun 2023 bisa terealisasi dan digunakan masyarakat untuk asrama haji dan umrah," kata Selly Andriany Gantina selaku anggota Komisi VIII DPR RI usai melakukan kunjungan kerja ke Puspemkot Tangerang terkait rencana pembangunan Asrama Haji, Rabu (3/2).

Ia mengatakan hasil pertemuan yang dilakukan DPR RI bersama dengan Pemerintah Kota Tangerang dan Kementerian Agama telah menemukan titik terang mengenai pembangunan asrama haji. Pemerintah Kota Tangerang siap memberikan hibah lahan kepada Kementrian Agam untuk dilakukan pembangunan asrama haji dan umroh. "Kesepakatan ini akan kita sampaikan ke pimpinan di Komisi VIII DPR agar segera dapat diwujudkan," kata Selly.

 

widget->kurs();?>