21 Rajab 1442

Sufi yang Mendapat Dihram dari Rasulullah di dalam Mimpi

Rabu , 24 Feb 2021, 07:01 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Sufi yang Mendapat Dihram dari Rasulullah di dalam Mimpi. Ilustrasi Sahabat Nabi
Sufi yang Mendapat Dihram dari Rasulullah di dalam Mimpi. Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Sufi Abu Abdillah Muhammad bin Abu Zura'ah Rah.a mengisahkan bahwa Ia datang ke Makkah bersama ayahnya dan Abu Abdillah bin Khafif Rah.a. Di sana ia mengalami kelaparan yang sangat, sehingga membuat ia lemah tak berdaya.

Meski dalam keadaan lapar itu, ia sampai di Madinah Al- Munawarah. Sesampainya ia menghabiskan malam dalam keadaan perut kosong. 

Abu Abdillah Muhammad bin Abu Zura'ah Rah.a bercerita, pada waktu kejadian itu ia belum balig, sehingga ia berulang kali datang kepada ayahnya untuk mengadukan kelaparan yang menimpanya.

"Mendengar pengaduan aku, ayahku bangun dan pergi ke makam Rasulullah SAW," kata Abu Abdillah Muhammad bin Abu Zura'ah Rah.a seperti dikisahkan dalam kitab Fadhilah Haji karangan Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi. Rah.a

Di depan makam Rasulullah itu ayah Abu Abdillah Muhammad bin Abu Zura'ah Rah.a berkata. "Ya Rasulullah hari ini saya adalah tamu engkau," katanya.

Ketika setelah berkata demikian, Ayahnya duduk di tempat itu bermuraqabah. Dalam keadaan itu ayahnya, sebentar kemudian ayahnya itu mengangkat kepalanya dari bermuraqabah. "Terkadang dia menangis dan terkadang tertawa," katanya.

Ketika seseorang bertanya mengenai penyebabnya, dia menjawab. "Aku telah mimpi bertemu Rasulullah SAW beliau SAW meletakkan beberapa dirham di dalam tanganku," katanya.

Ketika beliau membuka genggamannya, ternyata ada beberapa dirham. Sufi itu berkata bahwa Allah SWT sangat memberkahi uang dirham itu sehingga mereka pulang ke syaraz pun dengan uang itu.

Pengalaman lapar juga dialami Ibnu Jala Rah.a. Ia berkata ketika itu Ia datang ke Madinah Al-Munawaroh dan ia mengalami kelaparan. Maka ia datang di dekat makam Rasulullah dan berkata. " Ya Rasulullah aku adalah tamu engkau," katanya.

Kemudian ia merasa mengantuk. Maka ia melihat Rasulullah SAW dan beliau memberinya sepotong roti. Separuhnya ia makan dan ketika terbangun yang separuhnya lagi masih dalam genggamannya.

 

widget->kurs();?>