3 Ramadhan 1442

Ayam Halal Halangi Pembicaraan Perdagangan Bebas Brasil-RI

Rabu , 24 Feb 2021, 11:41 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ayam Halal Halangi Pembicaraan Perdagangan Bebas Brasil-RI.
Foto : Pickpik
Ayam Halal Halangi Pembicaraan Perdagangan Bebas Brasil-RI.

IHRAM.CO.ID, BRASILIA -- Saat ini, Brasil seharusnya telah memulai pembicaraan perdagangan bebas dengan Indonesia. Hal ini bisa berjalan jika negara tersebut mengadopsi rekomendasi yang dibuat oleh panel Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada 2017.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan WTO setelah muncul perselisihan tentang ayam halal. Di sisi lain, Asosiasi Protein Hewan Brasil (ABPA) menyebut telah mengirimkan surat kepada tiga lembaga pemerintahan terkait isu pembicaraan perdagangan bebas tersebut pada 26 Januari lalu.

"Kami tidak menentang perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia. Di dunia ini, seharusnya tidak ada batasan untuk makanan," kata Kepala ABPA Ricardo Santin, dikutip di Mercopress, Rabu (24/2).

Brasil, selaku pengekspor ayam halal terbesar di dunia, meminta konsultasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dengan Indonesia pada 2014, terkait tindakan Indonesia yang memblokir aksesnya ke pasar tersebut. Kala itu, Brasil memenangkan perselisihan. Tetapi Indonesia meminta jangka waktu untuk mengadopsi rekomendasi tersebut.

Baca Juga

Selanjutnya, pada Desember tahun lalu, Indonesia mengajukan banding ke badan banding WTO. Kondisi ini membuat kedua negara menunda prospek rekomendasi yang diadopsi.