Kamis 25 Feb 2021 11:01 WIB

Hari ini, Mahyeldi Resmi Jadi Gubernur Sumatra Barat

Mahyeldi pernah berkarier sebagai waka DPRD, wakil wali, dan wali kota Padang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy bakal dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) siang WIB.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Pasangan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy bakal dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) siang WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Masyarakat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) resmi memiliki gubernur baru hasil pilgub serentak 2020, yaitu pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy. Pasangan yang diusung PKS-PPP tersebut bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) siang WIB.

Menurut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang, Amrizal Rengganis, selain pelantikan gubernur Sumbar, juga diadakan pelantikan secara terpisah ketua TP-PKK Provinsi Sumbar. Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Bahar, akan dilantik Ketua Umum TP-PKK Pusat, Ny Tri Tito Karnavian di Sasana Bakhti Praja, Jakarta.

Mahyeldi merupakan gubernur Sumbar ketiga yang terpilih sejak pilkada gubernur dilaksanakan secara langsung mulai 2005. Sebelum Mahyeldi, ada pasangan Gamawan Fauzi-Marlis Rahman (2005), Irwan Prayitno-Muslim Kasim (2010), dan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (2015).

Mahyeldi lahir di Bukittinggi, Sumbar pada 25 Desember 1966. Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Andalas ini memulai karier politiknya sebagai ketua DPW PKS Sumbar. Pada pemilu 2004, ia terpilih sebagai wakil ketua DPRD Sumbar periode 2004-2009.

Setelah itu, Mahyeldi dipinang Fauzi Bahar maju pada Pilkada Padang 2009 dan terpilih sebagai wakil wali kota Padang 2009-2014. Usai menjabat selama satu periode, Mahyeldi kemudian maju di Pilkada Padang dan terpilih sebagai wali kota Padang periode 2014-2019 berpasangan dengan Emzalmi.

Kemudian Mahyeldi kembali mencalonkan diri sebagai wali kota Padang pada Pilkada Padang 2018 dan terpilih sebagai pemenang untuk masa jabatan 2019-2024 bersama wakilnya Hendri Septa. Pada Pilgub Sumbar, 2020 ia memutukan maju bersama Audy Joinaldy dan terpilih sebagai pemenang.

Sementara wakil gubernur Sumbar terpilih, Audy Joinaldy, lahir di Jakarta pada 16 Mei 1983. Dia merupakan pengusaha muda pemilik Perkasa Grup yang bergerak di bidang perunggasan dan pertanian dengan fokus usaha di Indonesia timur termasuk Nusa Tenggara Barat.

Lulusan Fakultas Peternakan IPB ini memiliki enam gelar akademik, yaitu S.Pt, M.Sc, M.M, IPM dan ASEAN.Eng. Audy saat ini sedang melanjutkan pendidikan Doktor di Sekolah Bisnis IPB. Ia memperoleh gelar Sarjana Peternakan dari IPB pada 2005 dan Master of Science di Wageningen Universiteit Belanda dalam bidang Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition pada 2007.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement