Kamis 25 Feb 2021 18:33 WIB

Kalbar Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Karhutla di Kalbar semakin banyak.

Kalbar Tetapkan Siaga Darurat Karhutla. Ilustrasi
Foto: Antara/Makna Zaezar
Kalbar Tetapkan Siaga Darurat Karhutla. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, PONTIANAK -- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan sudah menetapkan status siaga darurat karhutla mengingat semakin banyak kebakaran lahan. "Sebelumnya, sudah ada dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang yang menetapkan status siaga karhutla dan menyusul beberapa daerah lain," katanya usai menghadiri rakor terkait dengan pencegahan karhutla, Kamis (25/2).

Sutarmidji juga meminta daerah-daerah di Kalimantan Barat segera menetapkan siaga karhutla dan kabut asap. "Saya sudah meminta kabupaten/kota untuk segera menetapkan siaga darurat kabut asap," katanya.

Baca Juga

Dia mengatakan apabila daerah yang tidak menetapkan status siaga dan apabila di daerah itu terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka akan diberikan sanksi. "Akan kami biarkan mengurus daerahnya sendiri atau kami berikan sanksi. Sanksi itu misalnya menunda transfer dana hasil pajak daerah," kata dia.

Sutarmidji juga berpesan kepada masyarakat untuk siap siaga terhadap kabut asap meski di tengah pandemi Covid-19."Kita semua harus siap siaga kabut asap meski saat pandemi Covid-19 ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement