Jumat 26 Feb 2021 14:26 WIB

Yayasan Zakat Inggris Kebanjiran Permintaan Bantuan

Permintaan bantuan telah melonjak lebih dari dua kali lipat dalam setahun

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
National Zakat Foundation Inggris
Foto: About Islam
National Zakat Foundation Inggris

IHRAM.CO.ID, LONDON – Memberikan dukungan kepada komunitas selama pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi badan amal dan kelompok di Inggris. Menurut National Zakat Foundation (NZF) permintaan bantuan telah melonjak lebih dari dua kali lipat dalam setahun. Hal ini dipicu banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Menurut Evening Express, badan amal tersebut menerima 19.244 aplikasi untuk dukungan keuangan pada 2020. Angka tersebut lebih dari 2,5 kali lipat dari 7.348 aplikasi pada 2019. Jumlah pendistribusian hibah juga meningkat 27 persen dari tahun sebelumnya menjadi 3,8 juta poundsterling.

Islamic Relief memberi NZF 200 ribu poundsterling untuk memenuhi permintaan bantuan yang meningkat.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kondisi ini menunjukkan sangat besar dampak Covid-19 terhadap Muslim di seluruh negeri,” kata Kepala Eksekutif NZF, Iqbal Nasim, dilansir About Islam, Jumat (26/2).

Nasim memastikan semua muslim yang datang ke NZF menerima semua bantuan. Direktur Islamic Relief UK, Zia Salik mengatakan sepanjang pandemi, pihaknya telah membantu orang-orang yang terkena dampak Covid-19 di beberapa negara termiskin di dunia.

“Begitu banyak orang yang tidak mampu makan, membayar sewa, atau menghangatkan rumah mereka. Ini benar-benar kondisi darurat,” ujar dia.

Salik menyebut tidak ada organisasi seperti NZF yang segera tanggap mendistribusikan uang tunai kepada mereka yang membutuhkan. “Kami berterima kasih kepada NZF karena telah mengizinkan kami untuk menanggapi ribuan Muslim yang membutuhkan,” tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement