Islam, Muhammad Ali dan Kartu Olahraga

Jumat , 26 Feb 2021, 15:04 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Kartu olahraga yang menjelaskan peran iman dalam karier Muhammad Ali
Kartu olahraga yang menjelaskan peran iman dalam karier Muhammad Ali

IHRAM.CO.ID, NEW YORK--Sebuah perusahaan kartu olahraga, telah merilis serangkaian kartu yang disebut "Muhammad Ali: The People's Champ". Kartu itu menjelaskan peran iman dalam karier petinju legendaris yang mengumumkan perpindahan keyakinannya ke Islam pada 1964.

 

Terkait

Dilansir Religion News Service, keyakinan agama Ali adalah salah satu topik dalam seri yang telah dirilis secara online. Kartu kedua dalam seri, "Beralih ke Islam," menceritakan dampak keputusannya pada kehidupan Ali dan dunia.  

“Keyakinannya membimbingnya saat dia menghadapi penghinaan, diskriminasi rasial.  Sebagai salah satu Muslim paling terkenal di dunia, dia bepergian secara luas sebagai duta kebaikan dan menyebarkan pesan Islam sebagai agama perdamaian," jelas perusahaan.

Kartu lain, “Muhammad Ali menjadi Muhammad Ali,” menceritakan bagaimana Ali, yang saat itu adalah anggota Nation of Islam, mengumumkan afiliasinya segera setelah memenangkan kejuaraan tinju kelas berat pada tahun 1964. Untuk waktu yang singkat, awalnya dia mengubah namanya menjadi "Cassius X," sebelum menjadi "Muhammad Ali", meskipun lawan dan musuh Ali mengejeknya dengan nama lamanya sepanjang karirnya.

Sementara kartu Topps menyiratkan bahwa pertobatannya pada tahun 1964 menyelesaikan masalah keyakinannya dan keteguhan agama Ali terus meningkat.  Pada awal 1961, dia telah menghadiri pertemuan Nation of Islam, gerakan hak-hak agama dan sipil yang didirikan pada tahun 1930-an dan dipimpin oleh Ali pada zamannya oleh Elijah Muhammad.

Tetapi setelah kematian Muhammad pada tahun 1975, Ali, seperti mayoritas anggota Nation of Islam, mulai mengikuti Islam Sunni, sekte kuno yang diikuti oleh mayoritas Muslim dunia.

Sama sekali tidak umum untuk kartu perdagangan olahraga untuk menjelaskan agama seorang atlet yang ditampilkan di kartu perusahaan.  Seymour Stoll, seorang dokter di wilayah Los Angeles yang memiliki koleksi kartu pemain bisbol Yahudi terbesar di dunia, sejak abad ke-19, mengatakan kepada Religion News Service bahwa tidak ada kartu dalam koleksinya yang mencantumkan referensi keyakinan pemain.

Kartu tahun 1991 yang menampilkan bintang NFL Reggie White, diproduksi oleh perusahaan Pinnacle, berisi Alkitab dan akun pekerjaan White sebagai pendeta non-denominasi.  Nama panggilan White, sebagai Menteri Pertahanan, diambil dari pekerjaannya sebagai pengkhotbah dan pemain bertahan.

Industri kartu perdagangan olahraga, yang mulai goyah pada 1990-an, telah bangkit kembali dalam beberapa tahun terakhir menjadi industri bernilai miliaran dolar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini