Jumat 26 Feb 2021 15:56 WIB

Penjaga Kebun Binatang Tewas Dihantam Belalai Gajah

Penjaga kebun binatang di Cabarceno sempat dilarikan ke RS, tapi tak tertolong.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Gajah
Foto: VOA
Gajah

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Salah seorang pekerja kebun binatang di Spanyol meninggal setelah gajah belalai menghantamnya. Pihak kebun binatang mengatakan, bahwa kepala pekerja tersebut terbentur jeruji kandang.

Gajah betina dengan berat sekitar 4.000 kilogram dilaporkan menabrak penjaga berusia 44 tahun dengan belalainya pada Rabu (24/2) waktu setempat di Taman Alam Cabarceno, dekat kota utara Santander. Penjaga pria tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong sekitar tiga jam kemudian.

Baca Juga

Insiden ini terjadi pada saat petugas tengah membersihkan kandang gajah sebagai bagian dari tugas sehari-hari. Gajah tersebut sedang bersama anaknya di dalam kompleks. "Kami berbicara tentang hewan yang tidak dapat diprediksi," kata menteri pariwisata di pemerintah daerah Cantabria yang memiliki kebun binatang, Javier Lopez Marcano dikutip laman the Guardian, Jumat (26/2).

Kekuatan serangan tersebut dikatakan luar biasa, dan sangat besar sehingga seseorang tidak bisa bertahan hidup. Polisi dan kebun binatang telah melakukan penyelidikan. Ini adalah insiden pertama dalam sejarah taman selama 31 tahun.

Taman Alam Cabarceno adalah rumah bagi hampir 120 spesies hewan termasuk serigala, harimau, singa, dan jaguar yang hidup dalam kandang besar tempat satu atau lebih spesies hidup berdampingan. Tahun lalu seorang penjaga berusia 46 tahun dianiaya oleh seekor gorila seberat 200 kilogram di Akuarium Kebun Binatang Madrid. Hal ini mengakibatkan dua lengan patah dan luka di dada dan kepala penjaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement