Jumat 26 Feb 2021 16:32 WIB

Enam Masjid Inggris Bergabung Bentuk Dewan Muslim Baru

Penggabungan tersebut didasari pesatnya pertumbuhan muslim di Bury

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Perayaan buka puasa bersama (iftar) komunitas Muslim di Inggris.
Foto: Kent Live
Perayaan buka puasa bersama (iftar) komunitas Muslim di Inggris.

IHRAM.CO.ID, BURY -- Pengurus enam masjid di Bury, Inggris bergabung untuk membentuk dewan muslim baru. Seperti kota tetangganya Boltondan Balckburn, Bury merupakan kota terakhir di wilayah Manchester yang memiliki organisasi tersebut.

Terbentuknya ormas ini didasari atas pesatnya pertumbuhan komunitas Muslim di Bury dalam beberapa tahun terakhir. Kelompok yang baru dibentuk mengadakan pertemuan pertama mereka pekan lalu bersamaan dengan pemilihan pengurus dan pengesahan AD/ART.

Ketua Bury Islamic Center, Liaqat Ali mengatakan tujuan dari dewan ini untuk menjalin kemitraan antara semua masjid di Bury.

"Kami akan mempromosikan kerukunan umat beragama dan kelompok serta memajukan prinsip-prinsip Islam dalam komunitas Muslim," ujar dia dilansir dari thisislancashire.co.uk, Kamis (25/2).

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan kohesi dan integrasi komunitas dalam kemitraan dengan lembaga mitra dan komunitas agama lainnya di seluruh wilayah. Mereka juga ingin membangun hubungan yang kuat dan mendukung forum Bury Interfaith.

Di negara tetangganya seperti Bolton, dewan masjid telah melayani komunitas Muslim selama lebih dari 20 tahun. Idenya adalah untuk memastikan Muslim terwakili secara lokal, regional dan nasional menyuarakan kebutuhan masyarakat kepada pemerintah daerah demi membantu membentuk masa depan. Kemitraan baru ini akan mempromosikan pendampingan dan konseling.

“Misi kami adalah untuk mengetahui masalah yang mempengaruhi masyarakat muslim lokal dan membantu menyelesaikannya. Kami ingin mempromosikan, kerukunan, toleransi, dan rasa hormat dan bekerja dengan kelompok agama lain," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement