Jumat 26 Feb 2021 22:06 WIB

Teh Gambir Asal Pakpak Bharat Rambah Pasar Internasional

Gambir menjadi komoditi utama di pakpak Bharat.

Teh Gambir Asal Pakpak Bharat Rambah Pasar Internasional (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Teh Gambir Asal Pakpak Bharat Rambah Pasar Internasional (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,PAKPAK BHARAT -- Teh Gambir asal Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, yang merupakan salah satu komoditi utama daerah itu, ternyata bukan hanya dipasarkan di dalam negeri namun juga sudah merambah pasar sejumlah negara seperti Cina, Jepang dan India.

Pelaku UMKM Teh Gambir, Juanto mengatakan tanaman gambir merupakan salah satu komoditas utama yang bisa diolah menjadi berbagai macam produk turunan, salah satunya adalah teh gambir.

"Gambir menjadi komoditi utama di pakpak Bharat. berbagai produk olahan dari gambir salah satunya adalah teh celup gambir. Ini adalah minuman herbal, minuman kesehatan yang berguna untuk antioksidan dan juga untuk memperlancar sistem pencernaan," katanya di Salak, Jumat (26/2).

Selama ini dirinya yang dibantu pemerintah melalui PT PAL sudah menghasilkan produk teh gambir yang telah diekspor ke sejumlah negara seperti Cina, India dan jepang.

 

Selain teh, kini penyanitasi tangan dan bubuk gambir yang berkhasit untuk kesehatan juga diproduksi dan dipasarkan ke masyarakat. "Jadi kalau kita punya keluhan maag, asam lambung dan diare, ini sangat efektif untuk mengobati keluhan-keluhan tersebut. Teh gambir ini juga bermanfaat untuk sariawan dan juga untuk memperbaiki sistem pencernaan," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pakpak Bharat, Losmar Berutu, mengatakan memudahkan para pelaku UMKM terkait perizinan guna mendorong geliat lebih masif bagi masyarakat untuk memanfaatkan komoditas gambir sebagai mata pencaharian.

"Kami dari sisi perizinannya. Kalau soal pemasaran sudah dibentuk yang namanya perusahaan daerah. Namanya PT PAL yang memasarkan produk gambir dan kalau sampai sekarang sudah beberapa negara termasuk India, Jepang dan cina yang sudah dikemas dalam bentuk ekstrak," katanya.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan pencanangan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema beli Kreatif Danau Toba. Program tersebut diharapkan akan mampu mendorong pelaku UMKIM agar terus berkembang, terutama UMKM yang berada di wilayah Danau Toba.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement