30 Sya'ban 1442

Bank Riau Kepri Segera Dikonversi Jadi Bank Syariah

Ahad , 28 Feb 2021, 10:25 WIB Reporter :Lida Puspaningtyas/ Redaktur : Friska Yolandha
Ilustrasi layanan bank. Bank Riau Kepri berencana melakukan konversi menjadi bank syariah.
Ilustrasi layanan bank. Bank Riau Kepri berencana melakukan konversi menjadi bank syariah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah bank pembangunan daerah (BPD) di Indonesia telah melakukan konversi menjadi bank syariah, seperti Bank NTB dan Bank Aceh. Kini, BPD Bank Riau Kepri (BRK) juga turut meramaikan konversi tersebut.

Sejumlah proses sedang dijalani dengan bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau sebelum resmi mengajukan ke Direktorat Pengaturan dan Perizinan Bank Syariah (DPPS) Kantor Pusat OJK di Jakarta. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau, Yusri menyampaikan sampai saat ini proses persiapan konversi Bank Riau Kepri masih dipersiapkan Direksi atau Tim konversi BRK.

"Kami secara maraton masih melakukan pembahasan kesiapan konversi tersebut dengan BRK sebelum permohonannya diajukan nantinya ke OJK," katanya, beberapa waktu lalu.

Yusri mengatakan konversi BRK menjadi bank syariah merupakan keputusan Pemegang Saham BRK. Namun demikian OJK meminta Direksi untuk melakukan kajian dan survei untuk memastikan BRK hasil konversi nantinya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Konversi tersebut juga tentunya harus didukung khususnya oleh masyarakat Riau dan Riau Kepri. Termasuk dukungan dari nasabah yang telah eksis saat ini baik nasabah pendanaan maupun nasabah pembiayaan.

"Sehingga harapannya setelah konversi nantinya nasabah-nasabah tersebut tetap setia menjadi nasabah BRK Syariah," katanya.

Yusri menambahkan, bank konvensional dan syariah punya peluang yang sama untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Tergantung bagaimana pengurus menyiapkan infrastruktur yang handal, produk yang variatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bank juga perlu mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuannya untuk bersaing di antara pelaku jasa keuangan lainnya. BRK selama ini telah menjalankan Unit Usaha Syariahnya dan mencatatkan kinerja yang cukup baik.

"BRK sebagai tuan rumah di Riau dan Kepulauan Riau diharakan berkiprah dengan baik agar mampu menjadi akselerator dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di kedua provinsi tersebut yang terpuruk sebagai dampak dari pandemi Covid-19," katanya.

 

widget->kurs();?>