25 Ramadhan 1442

Jabal Abyad, Gunung Berapi Tertinggi di Arab Saudi

Senin , 01 Mar 2021, 14:19 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jabal Abyad, gunung tertinggi di Arab Saudi
Jabal Abyad, gunung tertinggi di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Gunung berapi Jabal Abyad, terletak di Harrat Khyber, wilayah Madinah. Gunung ini berdiri di ketinggian 2.093 meter, menjadikannya gunung berapi tertinggi di Arab Saudi.

Nama Jabal Abyadh bila diterjemahkan menjadi 'gunung putih'. Nama ini disematkan setelah abu putih khas yang kerap melapisinya.

Dari sudut pandang pengamat, abu putih ini terlihat seperti salju. Namun, sejatinya, substansi putih itu adalah abu vulkanik yang disebut comendite, yang merupakan residu lava felsik yang kaya silika.

Dilansir di Arab News, Senin (1/3), gambaran wilayah Harrat Khyber yang diambil dari satelit mendapat perhatian dunia, karena tata letaknya yang spektakuler dan meniru permukaan kawah bulan. Harrat Khyber adalah rumah bagi gunung berapi hitam dan putih.

Baca Juga

Untuk menjelajahi gunung berapi yang tidak aktif, pengunjung perlu memperkuat kemauan atau niat. Hal ini sangat penting mengingat medan yang sulit dilintasi dan membutuhkan peralatan serta kendaraan yang tangguh.

Wisatawan yang pernah bepergian ke sana mengatakan bahwa lebih baik berjalan kaki daripada mengemudi.  Namun, karena sulitnya berjalan kaki, hanya sejumlah kecil pengunjung yang melakukan perjalanan ke daerah tersebut sehingga menjadikannya sebagai pengalaman yang tenang.  

 

widget->kurs();?>