Sabtu 13 Mar 2021 16:20 WIB

7 Sifat Mulia Bangsa Arab Pra-Islam

Sebelum Islam bangsa Arab dikenal jahiliyah, tapi ada sejumlah isifat mulia.

Foto: republika
SIfat mulia bangsa Arab Pra-Islam

REPUBLIKA.CO.ID, 7 Sifat Mulia Bangsa Arab Pra-Islam

Orang-orang Arab sebelum Islam masuk dikenal sebagai masyarakat jahiliyah (berada dalam kebodohan karena menyembah berhala dan sombong).

Namun, di luar itu, ternyata orang-orang Arab masih memiliki sifat-sifat mulia. Pernyataan ini disampaikan Dr Raghib as-Sarjani dalam //Shifat al-Arab wa Akhlaquhum//. Berikut ini sifat mulia bangsa Arab sebelum Islam datang:

>Kejujuran. Dahulu orang-orang Arab enggan untuk berbohong. Dan sifat ini pula yang melekat kepada Rasulullah SAW dan para sahabatnya Abu Bakar Ash shiddiq.

>Murah hati. Masyarakat Arab terbiasa menghormati tamu. Salah satu tokoh Arab yang dikenal murah hati adalah Hatim At-Thai.

>Ketiga, adil. Meski perbudakan masih terjadi, masyarakat pada umumnya tidak ada pengorbanan jika tidak bersalah. Mereka juga hidup bebas dan menolak ketidakadilan.

> Bertetangga dengan baik. Masyarakat Arab memegang teguh untuk memenuhi hak-hak tetangga. 

>Kesabaran. Kondisi kehidupan orang Arab di Jazirah Arab sangat keras dan inilah yang memberi mereka kekuatan dan kesabaran.

>Keberanian. Keberanian adalah karakteristik naluriah di setiap orang Arab, karena orang Arab memiliki kekuatan untuk mendorongnya berperang tanpa rasa takut. 

>Loyalitas. Selain jujur, masyarakat Arab juga terkenal loyal. Orang Arab biasa menepati sumpah mereka. 

Sumber: Rumah Fiqih

Pengolah: Nashih Nashrullah/Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement