3 Ramadhan 1442

Pakistan Berencana Renovasi Masjid dan Kuil

Selasa , 02 Mar 2021, 11:06 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
 Umat muslim membaca Alquran di sebuah Masjid di Pakistan
Umat muslim membaca Alquran di sebuah Masjid di Pakistan

IHRAM.CO.ID, LAHORE -- Menteri Provinsi untuk Auqaf dan Urusan Agama, Peer Syed Saeed ul Hassan Shah, mengatakan pemerintah PTI mengambil semua langkah yang mungkin untuk memperbaiki kondisi darbar dan masjid. Tak hanya itu, pemerintah juga akan menyediakan fasilitas bagi pengunjung dan jamaah.

Berbicara dengan 15 anggota delegasi cendekiawan dan mahasiswa dari provinsi tersebut, ia mengatakan tempat suci Data Hazrat Ganj Bakhsh adalah universitas spiritualitas. Ratusan umat dari seluruh dunia mengunjungi kuil tersebut untuk mendapatkan inspirasi spiritual.

Dilansir di The News Pakistan, Selasa (2/3), ia mengatakan sesuai dengan visi menteri utama, darbar dan masjid di bawah administrasi departemen Auqaf sedang direnovasi. Tak hanya itu, telah disiapkan pula tangki penampungan air di Data Darbar untuk menampung air bekas wudhu.

Proyek penampungan air ini diperkirakan menelan biaya 13.689.000 rupee Pakistan atau Rp 1,2 miliar. Pekerjaan 90pc telah selesai, sementara pekerjaan 10pc akan selesai dalam waktu sebulan. Menurut dia, tangki air ini mampu menampung 60.000 galon air.

Menteri Hassan Shah juga mengatakan tangki air limbah telah disiapkan di Rumah Sakit Data Darbar. Untuk tujuan ini, pipa PVC 25 inci dengan diameter 10 inci telah dipasang dari Darbar ke rumah sakit.

Dia menambahkan, air dari ruang wudhu Data Darbar akan digunakan oleh kapal tanker untuk mencuci pembibitan, sabuk hijau, dan jalan. Dalam hal ini, kapal tanker PHA telah mulai mengambil air dari tangki penyimpanan secara eksperimental.

 

widget->kurs();?>