Selasa 02 Mar 2021 13:29 WIB

Anas Sarwar, Muslim Pertama yang Pimpin Partai di Skotlandia

Sejarah baru tercatat dengan terpilihnya Anas Sarwar

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Anas Sarwar
Foto: About Islam
Anas Sarwar

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH--Sejarah baru tercatat dengan terpilihnya Anas Sarwar, seorang Muslim untuk memimpin partai Buruh Skotlandia pada Sabtu, (27/2) lalu. Dia memenangkan pemilihan cepat yang dipicu oleh pengunduran diri Richard Leonard yang mengejutkan beberapa pekan sebelumnya.

Dilansir dari About Islam, Ahad (28/2), Anas adalah mantan Wakil Pemimpin Partai Buruh Skotlandia yang didukung oleh mayoritas anggota parlemen partai. Ia mengalahkan kandidat lain Monica Lennon. Sarwar pun memenangkan 57,6 persen suara.

"Anda belum memiliki Partai Buruh Skotlandia yang layak Anda dapatkan dengan meningkatnya ketidakadilan, ketidaksetaraan, dan perpecahan, saya minta maaf kami belum cukup baik," katanya dalam pidato penerimaannya.

"Hari ini kami telah memilih pemimpin etnis minoritas pertama dari sebuah partai politik di Inggris. Itu tidak menjelaskan apa-apa tentang saya.  Itu mengatakan sesuatu yang hebat tentang Skotlandia dan rakyatnya.  Tapi perjuangan untuk kesetaraan masih jauh dari selesai," katanya.

 

“Dan saya akan bekerja dengan semua komunitas kami yang beragam di Skotlandia untuk membangun kembali negara yang kami cintai," tambahnya.

Humza Yousaf, Sekretaris kehakiman SNP dan menteri kabinet Muslim pertama Skotlandia, memberi selamat kepada Sarwar atas kemenangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement