Rabu 03 Mar 2021 05:55 WIB

Muslim Pertama Pimpin Partai Buruh Skotlandia

Anas Sarwar mencatatkan sejarah baru

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Anas Sarwar terpilih menjadi pemimpin Partai Scottish Labour atau Partai Buruh Skotlandia. Dia melanjutkan tradisi keluarga dalam preseden politik, dengan menjadi Muslim pertama di Inggris yang memimpin sebuah partai.
Foto: PA Media
Anas Sarwar terpilih menjadi pemimpin Partai Scottish Labour atau Partai Buruh Skotlandia. Dia melanjutkan tradisi keluarga dalam preseden politik, dengan menjadi Muslim pertama di Inggris yang memimpin sebuah partai.

IHRAM.CO.ID, EDINBURGH -- Anas Sarwar mencatatkan sejarah baru. Ia menjadi muslim pertama yang memimpin partai Buruh Skotlandi. Dia memenangkan pemilihan cepat  pada Sabtu, (27/2) lalu yang dipicu oleh pengunduran diri Richard Leonard yang mengejutkan beberapa pekan sebelumnya.

Dilansir dari About Islam, Ahad (28/2), Anas adalah mantan Wakil Pemimpin Partai Buruh Skotlandia yang didukung oleh mayoritas anggota parlemen partai. Ia mengalahkan kandidat lain Monica Lennon. Sarwar pun memenangkan 57,6 persen suara.

"Anda belum memiliki Partai Buruh Skotlandia yang layak Anda dapatkan dengan meningkatnya ketidakadilan, ketidaksetaraan, dan perpecahan, saya minta maaf kami belum cukup baik," katanya dalam pidato penerimaannya.

"Hari ini kami telah memilih pemimpin etnis minoritas pertama dari sebuah partai politik di Inggris. Itu tidak menjelaskan apa-apa tentang saya.  Itu mengatakan sesuatu yang hebat tentang Skotlandia dan rakyatnya.  Tapi perjuangan untuk kesetaraan masih jauh dari selesai," katanya.

“Dan saya akan bekerja dengan semua komunitas kami yang beragam di Skotlandia untuk membangun kembali negara yang kami cintai," tambahnya.

Humza Yousaf, Sekretaris kehakiman SNP dan menteri kabinet Muslim pertama Skotlandia, memberi selamat kepada Sarwar atas kemenangannya.

Anas lahir di Glasgow, Skotlandia pada tahun 1983, Sarwar adalah putra dari anggota parlemen Muslim pertama, saat ayahnya terpilih menjadi anggota Glasgow Central pada tahun 1997. Dia meninggalkan pekerjaannya sebagai dokter gigi pada tahun 2010 untuk berkarir di politik. Anas lalu memenangkan kursi Westminster yang sama dengan ayahnya dalam pemilihan di mana Partai Buruh kehilangan kekuasaan setelah 13 tahun untuk koalisi Tory-Liberal Demokrat.

Sarwar terpilih menjadi wakil pemimpin Buruh Skotlandia dari 2011 hingga 2014, mengambil tugas mengoordinasikan kampanye partai selama referendum kemerdekaan. Sarwar terpilih pada pemilihan Parlemen Skotlandia 2016 dalam daftar regional Glasgow.

Setelah dikalahkan dalam pemilihan kepemimpinan Buruh Skotlandia 2017 oleh Richard Leonard, ia kini menjadi pemimpin Partai Buruh Skotlandia dalam pemilihan kepemimpinan 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement