1 Ramadhan 1442

Saudi Wajibkan Vaksin bagi Jamaah yang Berangkat Haji 2021

Kamis , 04 Mar 2021, 01:04 WIB Reporter :Amri Amrullah/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Saudi Wajibkan Vaksin bagi Jamaah yang Berangkat Haji 2021 (ilustrasi).
Saudi Wajibkan Vaksin bagi Jamaah yang Berangkat Haji 2021 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Kementerian kesehatan Arab Saudi akan membuka penyelenggaraan haji 2021, dengan mewajibkan setiap jamaah haji yang telah divaksinasi Covid-19 yang akan diizinkan untuk menghadiri haji tahun ini, surat kabar Saudi Okaz melaporkan, dilansir dari Aljazeera, Rabu (3/3).

"Vaksin COVID-19 wajib bagi mereka yang ingin melaksanakan haji dan vaksin akan menjadi salah satu syarat utama," kata laporan hari Senin, mengutip surat edaran yang ditandatangani oleh menteri kesehatan.

Sebagai negara yang diamanahkan menjaga situs-situs paling suci umat Islam di Mekah dan Madinah, Pemerintah Saudi ingin ada penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar. Pemerintah Saudi juga akan menyelenggarakan haji dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Pada tahun 2020, kerajaan secara dramatis mengurangi jumlah jemaah haji yang diizinkan untuk menghadiri haji menjadi sekitar 1.000 warga Saudi dan penduduk kerajaan, untuk membantu mencegah penyebaran virus corona, setelah melarang umat Islam di luar negeri berhaji untuk pertama kalinya.

Ibadah Haji, merupakan perintah sekali seumur hidup bagi setiap Muslim yang mampu yang mampu, adalah sumber pendapatan utama bagi pemerintah Saudi.

Jutaan jemaah haji setiap tahun dari seluruh dunia berkumpul di dua kota suci Mrkkah dan Madinah. Namun di tengah pandemi Covid-19, kondisi itu bisa menjadi penyebab utama penularan virus corona.

Dalam surat edaran yang sama, Menteri Kesehatan Saudi Dr Tawfiq al-Rabiah mengatakan pemerintah harus siap untuk "mengamankan tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Mekah dan Madinah".

Fasilitas ini akan ditempatkan di titik masuk jamaah, katanya, selain pembentukan komite vaksinasi jemaah di Arab Saudi.

 

widget->kurs();?>